Angkasa Pura 2

BPLJSKB Ditjen Hubdat Siap Melakukan Pengujian Kendaraan Listrik

Koridor OtomotifKamis, 1 November 2018
IMG-20181101-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Dewanto Purnacandra menambahkan bahwa pihak Kementerian Perhubungan memiliki Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) untuk melakukan pengujian kendaraan.

“Sekarang kami punya BPLJSKB di Bekasi yang cukup lengkap dan siap melakukan uji sertifikasi termasuk bagi kendaraan baru seperti mobil listrik ini,” kata Dewanto.

“Namun belum ada alat uji untuk mobil listrik. Kami juga sudah coba untuk mengajak stakeholder membicarakan dan mencari masukan terkait uji mobil dan motor listrik, jadi nanti kita semua sama-sama belajar tentang kendaraan listrik ini,” ucapnya di Jakarta, kemarin.

Meski menyatakan kesiapannya dari regulasi terkait mobil listrik ini, Dewanto menyatakan masih banyak lagi hal yang perlu dibenahi. Misalnya saja terkait kelayakan pengoperasian kendaraan listrik sebagai angkutan umum, ketentuan tingkat kebisingan kendaraan yang cukup rendah, maupun tingkat keselamatan kendaraan listrik.

Bahkan akibat kendaraan bermotor listrik yang nyaris tidak menghasilkan suara ini masih dianggap berbahaya oleh pengguna jalan, karena jika mobil listrik ini digunakan tidak dapat diantisipasi oleh pengguna jalan.

Selain Dewanto dari Kementerian Perhubungan, hadir pula dalam acara Ngobrol Tempo Otomotif Outlook 2019 ini yaitu Alexander Barus CEO DFSK sebagai salah satu produsen mobil Tiongkok yang mulai meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Selain itu Mia Fawzia managing director JD.ID dari sisi e-commerce. Diskusi ini berjalan dengan dipandu oleh Direktur Tempo.co, Tomi Aryanto serta dihadiri oleh perwakilan klub otomotif dan media otomotif lainnya.(helmi)