Angkasa Pura 2

Kemenhub Akan Inspeksi 11 Pesawat Boeing 737 Max 8 di Indonesia

KokpitKamis, 1 November 2018
IMG-20181101-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat saat ini populasi  pesawat jenis Boeing 737 Max 8  ada 11 unit yang digunakan maskapai Indonesia. Pesawat Boeing varian terbaru  tersebut digunakan oleh maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia.

“Ada 11 pesawat milik Lion dan satu milik Garuda. Jadi sekarang ada 10 (milik Lion), dan satu milik Garuda yang akan dilakukan inspeksi,” kata Menhub  Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Langkah tersebut diambil menyusul kasus kecelakaan maut Lion Air JT610 Senin awal pekan ini. Untuk kehatian-hatian dan keselamatan, kita akan periksa mereka guna pastikan semua penuhi aspek keselamatan.  “Kami menyampaikan surat kepada Lion dan Garuda untuk pemeriksaan itu sendiri,” ujar Menhub Budi.
 
Budi menambahkan, pemeriksaan itu sendiri sudah dilakukan sejak Senin (30/10/2018). Hasil pemeriksaan itu menunjukan tak ada gangguan teknis di 11 pesawat Boeing 737 max 8 itu.

“(Dari) Pemeriksaan 11 pesawat itu didapati inspeksi rutin pelaksanaan komponen terpasang tidak ada yang melewati batas umur dan tidak ditemukan gangguan teknis,” kata Budi.

Kendati begitu, lanjut Menhub Budi, pihaknya akan  tetap  melakukan koordinasi dengan KNKT dan Boeing terkait hal tersebut.

“Tahap awal sudah periksa oleh Direktur KPPU. Kami sedang berikan kesempatan kepada KNKT dan juga minta kepada Boeing untuk assessment, untuk memberikan kriteria apa saja yang harus diperiksa,” papar Menhub itu.

“Sekarang boleh beroperasi, tapi dalam waktu dekat kita akan periksa ulang terkait kriteria yang lebih detil berkaitan dengan kemungkinan kesalahan,” kilah mantan Dirut AP II itu lagi

Kecelakaan pesawat Lion Air di perairan Karawang itu mengangkut 178 orang dewasa, 1 anak, 2 bayi, serta 2 pilot dan 6 awak pesawat.

Hampir bisa dipastikan, tak ada penumpan dan crew pesawat yang selamat. Kini, Tim SAR Gabungan masih berjuang mencari dan mengevakuasi para korban dan serpihan  pesawat di lokasi kejadian.(helmi)

loading...