Angkasa Pura 2

Kemenhub Sudah Inspeksi 6 Pesawat Boeing 737 Max 8 di Indonesia

KokpitJumat, 2 November 2018
IMG-20181102-WA0008

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Plt. Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pramintohadi Sukarno, mengatakan total ada 11 unit Boeing 737 Max 8 yang beroperasi di Indonesia.

Dari 11 unit itu, sebanyak 6 unit sudah dilakukan pemeriksaan khusus. Pesawat Boeing varian terbaru itu sudah masuk Indonesia yang dioperasikan Garuda Indonesia dam Lion Air.

“(Yang diinspeksi) Ada 1 unit Garuda, 5 unit Lion. Garuda no problem. Lion, 1 unit ada temuan tapi sudah dapat diselesaikan,” kata Pramintohadi di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Seperti diketahui, Plt Dirjen Hubud Primantohadi menyampaikan konferensi pers terkait update soal jatunya pesawat Lion Air JT-610.

Penerbangan itu menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8 milik Lion Air itu baru tiba 2 bulan lalu, dikirim dari pabrik Boeing di Seattle, Amerika Serikat.

Menyusul hal tersebut, banyak pertanyaan publik muncul, yakni mengapa pesawat baru kemudian bisa mengalami kecelakaan fatal.

IMG-20181102-WA0007

Bisa Distop Operasi ?

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Dirjen Hubud Kemenhub, Avirianto, menambahkan tidak menutup kemungkinan pesawat itu akan disetop beroperasi di RI jika masih ditemukan masalah.

“Kita meningkatkan pengawasan. (Pesawat Boeing) 737 Max yang sudah diinspeksi, tidak menutup kemungkinan diinspeksi kembali, tapi kami tetap pantau hari per hari. Tapi kalau memang [masih] ada masalah, kita akan setop sampai dengan kembali layak,” kata Avirianto.

Avirianto mengatakan Boeing dan Lion Air juga sudah bertemu dengan pihak Ditjen Perhubungan Udara membahas temuan yang ada pada ramp check.

“Siang ini tadi Boeing datang ke kantor kami dengan Lion diskusi tentang keadaan atau temuan yang ada,” tandas Avirianto.(helmi)

loading...