Angkasa Pura 2

Terminal Operation Center Hadir di Bandara Halim Perdanakusuma

Bandara KokpitJumat, 2 November 2018
IMG-20181102-WA0019

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Terminal Operation Center (TOC) kini dihadirkan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Halim Perdanakusuma dan resmi dioperasikan pada 1 November.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Pip Darmanto mengatakan, setelah hadir di seluruh terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sekarang TOC ada di Bandara Halim.

“Inovasi layanan ini semakin membuat kami lebih responsif dalam menjalankan fungsi operasional bandara,” ujar Pip di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Pengoperasian TOC di terminal Bandara Halim berdampak signifikan dalam tiga hal vital untuk membantu manajemen dalam pengoperasian dan pengelolaan sistem di terminal yaitu quick response, early warning system detection, dan operating effectiveness yang didukung 64 CCTV di seluruh area bandara.

Melalui TOC, pihaknya dapat melakukan proses pemantauan secara langsung dengan lebih komprehensif pada tiga area penting.

“Yakni sisi udara, gedung terminal, dan sisi darat. Dengan demikian, diharapkan seluruh kegiatan operasi dan pelayanan di Bandara Halim berjalan dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Saat ini pihaknya lebih leluasa dalam mengontrol semua pergerakan di sisi darat maupun sisi udara. Ini sangat membantu dalam memastikan operasional berjalan lancar dan juga mampu menangani keluhan pelanggan.

Bandara Halim hingga kini melayani 230 pergerakan pesawat per hari dengan total pergerakan pesawat per tahunnya mencapai lebih dari 67 ribu. Setiap tahunnya sebanyak 6,9 juta penumpang berlalu lalang di bandara yang telah menjadi bandara komersial sejak Maret 2014. (omy)