Angkasa Pura 2

Kemenhub Akan Efektifkan Ramp Check Seluruh Maskapai Penerbangan Nasional

Bandara KokpitMinggu, 4 November 2018
IMG-20181104-WA0005

IMG-20181104-WA0044

TANGERANG (BeritaTrans.com) –
Kementerian Perhubungan  (Kemenhub) akan lakukan rampcheck seluruh operator airlanes di Indonesia,  seperti yang kita lakukan tadi dengan B737 Max 8 milik maskapai Lion Air.

“Kita harapkan ada satu kepastian kelaikan udara. Dan masyarakat tidak ragu atau takut naik pesawat udara,” kata Mwnhub Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Minggu (4/11/2018).

Kebijakan itu dilakukan  Kemenhub menyusul jatuhnya pesawat  JT610 milik Lion Air, Senin (29/10/2018) silam. Dalam kasus itu, 189 penumpang dan awak kabin dipastikan meninggal dunia.

Sementara, pesawat Boeing B737 Max 8 milik Lion Air itu masih baru. Sekitar dua bulan silam berhabung di Lion Air dan dioperasikan ke berbagai rute di Tanah Air.

Menurut Menhub, ramp check ke maskapai penerbangan dan memerikaa pesawat terbang rutin dilakukan pihak Kemenhub. 

“Ke depan ramp check  akan diefektifkan lagi untuk memastikan semua pesawat yan dioperasikan  dibTanah Air laik terbang,” tukas alumni FT UGM itu.

Menhub menambahkan, “Kami sudah minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk melakukan evaluasi terhadap regulasi peraturan yang berkaitan dengan safety.”

Langkah ini, menurut Menhub, mulai Senin (pekan depan) akan dilakukan dan akan direview secara detail.

Seperti diketahui,  inspeksi ke pesawat  B737 Max 8 yang dimiliki Lion Air  dan Garuda Indonesia. Yang sudah dilakukan pemeriksaan ke 10 pesawat,  tadi yang baru saja  salah satunya milik Lion . 

Menhub menyebutkan,  sejak beberapa hari lalu, personel Dirjen Hubud Kemenhub sudah melakukan special audit berkaitan dengan pesawat B737 Max, terutama milik Lion Air.

“Audit tersebut meliputi berbagai  unsur berkaitan dengan SOP, kualifikasi awak pesawat, dan koordinasi dengan pihak-pihak stakeholder yang lain,” tegas Menhub.

Populasi pesawat B737 Max 8  di Indonesia kini ada 10 unit, dari swbelumnya 11 unit. Pasalnya satu pesawat jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Pesawat varian terbaru  B737 itu  dioperaaikan Lion Air  9 unit dan 1 di Garuda Indonesia. (helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari