Angkasa Pura 2

Menhub Inspeksi Pesawat Lion Air B737 Max 8, Ini Hasil dan Instruksinya

Bandara KokpitMinggu, 4 November 2018
IMG-20181104-WA0044

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Pastikan pesawat terbang laik udara dan aman dioperasikan untuk masyarakat, Menhub Budi Karya Sumadi  bersama Plt Dirjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno melakukan  pemeriksaan atau ramp check pada salah satu pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8.

Hampir semua bagian pesawat  terbaru sari Boeing 737 itu diperiksa oleh Menhub dan Plt Dirjen Hubud. Direktur Operasi Lion Air Capt. Daniel Putut bersama staf bagian teknis menerangkan satu persatu  terkait pesawat serta pertanyaan yanh disampaikan langsung oleh Menhub  di lapangan.

Menhub sempat masuk ke ruang cockpit dan berkomunikasi dengan pilot dan kopilot yang ada. Banyak hal ditanyakan, terutama terkait berbagai fungsi dan instrumen  dalam pesawat terutama yang berkaitan dengan aspek keaelamatan penerbangan.

“Hari ini kami melakukan suatu koordinasi dengan semua unsur dengan semua operator bandara, operator navigasi, Otban, dan juga operator Lion Air,” kata Menhub Budi Karya pada pers di Terminal I B Bandara Soetta, Minggu (4/11/2018).

Pertemuan yang dilanjutkan  ramp check ini, lanjut Menhub, untuk memastikan bahwa komunitas atau Kemenhub konsisten memastikan semua kelaikan bandara-bandara di Indonesia terjaga dengan baik.

“Oleh karenanya,  hari ini saya minta kepada semua unsur untuk meningkatkan kinerja agar memperoleh safety yang baik,” tandas Menhub.

Sejauh ini, pesawat B737 Max 8 termasuk yang diopersikan Lion Air tak masalah dan laik terbang. Pesawat varian terbaru dari Boeing AS itu aman dan bisa dioperasikan sesuai petunjuk dan aturan baku dari pabrikan Boeing di AS.

IMG-20181104-WA0045

Ini Instruksi Menhub

Secara detail, papar Menhub, pihaknya telah  menginstruksikan kepada Dirjen Perhubungan Udara melakukan berbagai langkah,” jelas Menhub lagi.

Langkah yang  telah dilakukan, menurut Menhub,  adalah inspeksi ke B737 Max 8 yang dimilikii Lion Air  dan Garuda Indonesia.  Dan yang sudah dilakukan pemeriksaan ke 10 pesawat,  tadi yang baru saja  salah satunya. 

Yang kedua, papar Menhub,  sejak beberapa hari lalu sudah dilakukan special audit berkaitan dengan juga pesawat B737 Max 8 milik Lion Air.

“Audit tersebut meliputi berbagai  unsur berkaitan dengan SOP, kualifikasi awak pesawat, dan koordinasi dengan pihak-pihak stakeholder yang lain.”

“Dalam waktu dekat ini akan kita dapatkan laporannya,” sebut Menhub didampingi  jajaran Ditjen Hubud dan maskapai Lion Air itu.

Ketiga, kita juga  sudah melakukan komunikasi dengan EU, IACO, dan FAA dan beberapa staf dari lembaga lembaga itu ada di Indonesia.

“Saya minta para officer di Kementerian maupun operator untuk melakukan koordinasi intensif agar audit yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu diteruskan.”

“Selanjutnya  audit apa yang harus dilakukan untuk improvement dunia penerbangan kita ke depan apa yang harus dilakukan setelah ini,” tandas Menhub.

Sementara, Direktur Operasi Lion Air Capt. Daniel Putut mengaku, pihaknya akan kooperatif dan siap mendukung upaya yangbdilakua  Kemenhub. “Lion Air akan kooperatif dan siap diperiksa kapanpun oleh Kemenhub,” kata dia.

Selama ini, lanjut Putut, pihak Kemenhub  juga rutin melakukan inapeksi ke Lion Air. “Pihak Lion Air juga siap menjalankan ekomendasi  apapun yang diberikan Pemerintah  dan KNKT untuk kebaikan ke depan,” tandas Putut.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari