Angkasa Pura 2

Haryo: Hanya 16 Persen Rekomendasi KNKT Yang Ditindaklanjuti Para Pihak

Dermaga Emplasemen Kokpit Koridor SDMSelasa, 6 November 2018
IMG-20181106-WA0007

IMG-20181106-WA0008

BOGOR (BeritaTrans.com) – Wakil Ketua KOmite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Haryo Satmiko mengatakan, hanya 16% rekomendasi KNKT yang ditindaklanjuti termasuk oleh Pemerintah sebagai regulator. “Sedang 86% lain dari rekomendasi KNKT belum atau tidak ditindaklanjuti,” kata Haryo saat menutupan Safety Review Forum di Bogor, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, setiap tahun ada puluhan bahkan ratusan rekomendasi (keselamatan) dari KNKT. “Rekomendasi itu disampaikan usai melakukan investigasi setiap kasus kecelakaan transportasi berbagai matra di Indoensia,” kata Haryo saat dikonfirmasi BertaTrans.com.

Namun begitu, lanjut dia, KNKT adalah lembaga independen dan tidak mempunyai kewenangan untuk memaksa agar rekomendasinya ditindaklanjuti para pihak terkait. Sedang rekomendasi atau saran saran untuk meningkatkan aspek keselamatan transportasi.

Haryo mengaku tidak tahu, mengapa mereka tidak atau belum mengindaklanjuti rekomendasi KNKT tersebut. Haryo pun bertanya, apa ini sebanya mengapa di Indonesia masih sering terjadi kecalakaan transportasi.

Kasus terakhir kecalakaan yang memilukan adalah jatuhnya pesawat Lion Air, JT610 di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Dalam kasus tersebut, disebut-sebut ada 189 penumpang dan awak kabin meninggal dunia. Sampai kini, mereka masih dalam proses pencarian dan evakuasi Tim SAR Gabungan.

Banyak Kasus Kecelakaan

Sebelum banyak kasus kecelakaan maut dengan korban ribuan jiwa, termasuk di matra darat, penyeberangan atau ASDP, mata laut serta matra metera api. Korban-korban kecelakaan itu harus terus ditekan, tentunya dengan meningkatkan aspek kecelakaan bertransportasi.

Untuk itu, Harya mendesak para pihak yang menerima rekomendasi keselamatan dari KNKT ditindaklanjuti dengan baik agar ada kepastian pelayanan transportasi dengan jaminan keselamatan yang tinggi.

Seperti diketahui, dalam satu kasus kecelakaan yang diinvestogasi KNKT, pada laporan akhirnya selalu memberikan rekomendasi para seluruh pihak terkait.

Mereka para penerima rekomendasi itu adalah Pemerintah/ regulator, operator trasportasi, pabrikan kendaraan, kapal atau pesawat dan kereta api. Tujuan rekomendasi itu adalah agar kasus kecelakaan maut tidak kembali terulang di Indonesia.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari