Angkasa Pura 2

Ditjen Hubud-FSF-MITRE Gelar Pertemuan Asia PDSDP di Bali

Bandara KokpitRabu, 7 November 2018
IMG-20181106-WA0003

DENPASAR (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama Flight Safety Foundation (FSF) dan MITRE Corporation (MITRE) menggelar pertemuan Asia Pacific Data Share Demonstration Project (PDSDP) di Bali 6-8 November 2018.

Pertemuan terdiri dari rangkaian agenda Technical Working Group (TWG) dan Governance Board (GB) Meeting.

Asia PDSDP merupakan suatu proyek inisiasi keselamatan penerbangan antara regulator dan operator penerbangan yang bertujuan membagi dan mengintegrasikan data penerbangan (flight data) dari masing-masing stakeholder untuk dianalisa menggunakan parameter tertentu.

Pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Subdirektorat Operasi Pesawat Udara, Capt. Moch. Mauludin yang mewakili Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara.

“Pertemuan ini sangat penting bagi negara anggota dalam upaya pencegahan kecelakaan pesawat udara melalui mekanisme pengumpulan data dan analisis bersama data penerbangan (flight data sharing and analysis),” jelas Capt. Mauludin di Bali, Rabu (7/11/2018).

Pertemuan dihadiri perwakilan pemerintah dari lima negara anggota: Indonesia, Singapura, Filipina, Jepang, dan China, serta pihak sekretariat yang diwakili oleh Flight Safety Foundation (FSF) dan MITRE Corporation.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut wakil operator penerbangan dari negara anggota seperti: Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Indonesia Air Asia, Citilink, Batik Air, Singapore Airlines, Scoot Tiger Air, NAM Air, Travira Air, China Academy of Civil Aviation Science and Technology.

Sebelum acara, Capt. Mauliddin mengajak seluruh delegasi yang hadir untuk berdoa dan mengheningkan cipta sejenak (minute of silence) bagi para korban musibah kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang dan bagi para korban musibah gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu beberapa waktu yang lalu. (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari