Angkasa Pura 2

Jaminan Keselamatan Transportasi, Moda KA Dinilai Tertinggi

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorKamis, 8 November 2018
IMG-20181108-WA0039

IMG-20181108-WA0035

PANGKAL PINANG (BeritaTrans.com) – Jaminan keselamatan transportasi merupakan hal yang tak bisa ditawar. Meski banyak komponen pendukungnya, namun keselamatan nomor satu dan paling utama.

Hal ini tentu saja dilaksanakan oleh semua penyelenggara transportasi baik darat, laut, udara, maupun kereta api (KA).

“Ada 3S+1C yakni Safety, Security, Services, dan Complay, moda KA dinilai paling tinggi urutannya,” ujar Staf Ahli Bidang Logistik, Multimoda, dan keselamatan perhubungan,¬†Kementerian Perhubungan, Cris Kuntadi disela membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi se Indonesia, di Pangkal Pinang, Kamis (7/11/2018).

Penilaian itu tentu saja melalui bukti dan kenyataan yang ada. Misalnya saja dari sisi banyaknya kecelakaan. KA cenderung minim bahkan mendekati zero accident.

IMG-20181108-WA0038

“Kami juga telah melakukan pemetaan risiko keselamatan dalam berbagai moda transportasi,” ujarnya.

Jaminan keselamatan diurutan kedua ada moda udara atau penerbangan. Diikuti transportasi laut dan terakhir moda darat/jalan.

Dengan menerapkan 3S+1C dalam menjalankan penyelenggaraan moda transportasi, menurut Cris dapat menjadikan jaminan keselamatan transportasi terwujud.

“Kami harapkan seluruh penyelenggara layanan transportasi selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” tutur dia.

IMG-20181108-WA0037

Selain itu memenuhi ketentuan yang berlaku (complay) juga merupakan indikator penting untuk terwujudnya transportasi berkeselamatan. (omy)

loading...