Angkasa Pura 2

Indonesia Hadiri Pertemuan ke-24 Menteri Transportasi ASEAN di Bangkok

Dermaga SDMJumat, 9 November 2018
IMG-20181108-WA0019

BANGKOK (BeritaTrans.com) – Indonesia menghadiri pertemuan ke-24 Menteri Transportasi ASEAN (ASEAN Transport Meeting/ATM) di Bangkok, Thailand 8-9 November 2018.

Pada pertemuan tersebut, menurut Kepala KSOP Kelas I Banten Capt. Wisnu Handoko yang jug Head of Delegate Indonesia, negara-negara ASEAN akan menandatangani kesepakatan bersama terkait standar keselamatan kapal-kapal non konvensi di negara anggota ASEAN.

“Diantaranya penandatanganan Memorandum of Understanding on the Improvement of Safety Standards and Inspection for Non-Convention Ships, Indonesia akan diwakili oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo,” jelas Capt. Wisnu di Bangok, Jumat (9/11/2018).

Kesepakatan itu terkait pengaturan standar kapal-kapal non konvensi untuk peningkatan keselamatan berlayar. Di dalamnya juga memberikan kesempatan bagi kapal-kapal non konvensi Indonesia untuk dapat berlayar ke wilayah perairan negara-negara anggota ASEAN.

Di sela-sela acara ke-24 ATM juga dilakukan beberapa pertemuan bilateral yang juga membahas rencana implementasi konektivitas laut rute Dumai – Malaka yang direncanakan akan diresmikan tahun 2019.

“Pada pertemuan dengan ASEAN + China, Ditjen Perhubungan Laut akan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Workshop tentang Keselamatan Kapal Ferry Cargo tahun 2019,” pungkas dia.

Hadir sebagai delegasi diantaranya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungn Sugihardjo dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Pandu Yunianto. (omy)