Angkasa Pura 2

Kecelakaan Lalu Lintas Diawali Adanya Pelanggaran

Koridor SDMJumat, 9 November 2018
IMG_20181109_110754

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Praktisi keselamatan nasional dari Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Erlina Indriasari mengatakan, kecelakaan lalu lintas biasanya di awali dengan pelanggaran.

“Pelanggaran berarti tidak tertib, tidak tertib berarti tidak berbudaya. Bagaimana agar masyarakat menjadikan tertib lalu lintas sebagai budaya? Ini tugas kita bersama, karena keselamatan tugas kita bukan hanya oleh aparat,” kata Erlina saat dikonfiasi Beritatrans.com, di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Melalui akun pribadi @erlina indriasari dia menyebutkan, “Pendidikan karakter tidak serta merta dan instan. Tetapi haruslah dilakukan sejak usia dini.”

“Oleh karenanya, karakter dan budaya keselamatan harus ditanamkan, salam satunya melalui Bimtek SALUD (Sadar Lalu Lintas Usia Dini),” jelas Erlina.

Seperti diketahui, Erlina Indirasari bersama Edy Yulianto, Sedikhub Pemkab Ciamis diundang untuk memberikan pelatihan mengenai SAUD di Batam, Kepri. Acara ini, diikuti puluhan peserta terutama guru-guru TK/ PAUD serta para pejabat di daerah ini.

Bimtek SALUD di Batam yang diprakarsai Kepala BPTD Wilayah IV Riau dan Kepri di Batam inu menjadi bagian Pendidikan Karakter Tertib LaluLintas bisa diciptakan.

Menurutnya kegiatan yang diikuti sekitar 80 orang guru PAUD dan TK se-Kepri itu sebagai sosialisasi penyebaran keselamatan di jalan raya. “Sebelumnya kegiatan ini pertama kali, kita gelar di Kabupaten Ciamis dan beberapa wilayah di Pulau Jawa sedang di Sumatera perttama kali di Pekanbaru, Riau,” tukas Erlina.

Materi dan Tujuan SALUD

Materi inti pada bimbingan teknik ini, papar Erlina, adalah pengenalan tentang kegiatan berlalu lintas, sesuai dengan standard dan keselamatan. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, peserta juga melakukan pretest dan postest dengan tujuan agar para peserta bimtek dapat diketahui kemampuan pengetahuan lalu lintasnya agar nanti dapat memberikan pemahaman kepada anak didiknya dan masyarakat sekitarnya.

Adapun tujuan kegiatan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) ini adalah memberikan pemahaman, kepada masyarakat untuk lebih memahami pentingnya keselamatan lalu lintas, serta memberikan petunjuk tentang rambu-rambu dan cara berlalulintas yang baik. Adapun target dari bimtek tersebut adalah, menciptakan masyarakat dan anak-anak paham tentang lalu lintas sejak usia dini.

“Kesadaran masyarakat tentang lalu lintas, di negara kita sangat rendah sehingga hal ini sangat penting untuk diberikan pemahaman sejak usia dini,” tandas Erlina.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari