Angkasa Pura 2

UU KIP Ada Pengecualian Dan Harus Minta Izin Dahulu

Koridor SDMJumat, 9 November 2018
IMG-20181108-WA0056

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik  (KIP) pasal 17 ada informasi publik yang dikecualikan, salah satunya yaitu  terkait kapabilitas seseorang. Dengan begitu, tidak diperbolehkan membacakan daftar riwayat hidup seseorang tanpa izin di suatu acara.

“Pasal ini dapat gugur apabila orang yang bersangkutan mengizinkan, dan apabila orang tersebut merupakan pejabat publik karena menjadi informasi berkala,” kata Tenaga ahli Komisi Informasi Pusat, Tya Tirta Sari di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, daftar informasi yang dikecualikan dapat langsung dibuat uji konsekuensi. Jika ragu, maka buatlah tabel analisis yang berisi daftar konsekuensi negatif yang dapat berupa kekhawatiran tentang pemberian suatu informasi.

“Kemudian cari daftar hukumnya, yaitu dari UU No. 14 tahun 2008 pasal 17. Kekhawatiran yang berkenaan dengan pasal 17 dapat langsung diusulkan menjadi informasi yang dikecualikan. Perlu dibuat uji konsekuensi karena banyak  pemohon yang tidak sungguh-sungguh atau disebut juga Vexatious requests (VR),” ujar Tya.

Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang Wijonarko juga menambahkan, “Kementerian Perhubungan memperbarui PM No. 72 tahun 2010 menjadi PM No. 46 tahun 2018 sebagai bentuk keseriusan  pemerintah dalam mengatur mekanisme bagi PPID untuk mengumpulkan informasi dan pengaturan mengenai sengketa informasi, serta mengatur pelayanan mekanisme informasi yang lebih komprehensif.”

Kepala Bagian Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Endy Irawan mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyampaikan bahwa badan publik perlu berbenah diri sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam kaitan ini, badan publik berkewajiban menyampaikan informasi yang dikuasainya bagi pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh informasi. (helmi).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari