Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Nataru 2019 untuk Tekan Korban Laka di Jalan Raya

KoridorSelasa, 13 November 2018
Laka lantas

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan dan Multimoda (AMM) Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat)  Ahmad Yani, ATD, MT   berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengalihkan minat masyarakat  menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan mudik dan beralih naik bus gratis ini.

“Kami ingin dengan program ini juga dapat menekan angka kecelakaan sepeda motor selama Libur Natal 2018 dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Keselamatan manusia menjadi alasan utama kami membuat kebijakan ini ,” kata Ahmad Yani di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Dia menambahkan, fasilitas mudik gratis menjelang libur  Nataruserta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin bertemu dengan keluarganya di kampung halaman.

“Jadi, negara terap peduli dan haidr di masyarakat” ujar Yani yang uga alumni STTD Bekasi itu.

Kecelakaan jalan terutama saat mudik Lebaran, Natal dan Tahun Baru masih cukup tinggi. Dari rbuan kasus laka di jalan selama mudik, 70% melibatkan pengguna sepeda motor, termasuk pemudik.

“Jumlah kasus dan korban kecelakaan di jalan ini yang ingin dihilangkan. Paling tidak ditekan, salah satunya dengan menyediakan fasilitas mudik gratis ini,” kilah Yani.

Sebelumnya,  Mabes Polri merilis hasil kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama musim libur Lebaran tahun ini. “Hingga H+4 Lebaran, Selasa, 19 Juni 2018, total ada 1.559 kecelakaan lalu lintas yang mayoritas terjadi di jalur darat.”

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama libur Lebaran tahun ini, menewaskan sebanyak 346 orang‎. Nam08un jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data Polri, sebanyak 2.237 kecelakaan terjadi tahun 2017‎. Sedangkan pada tahun 2018, jumlah kecelakaan berjumlah 1.559.

Sementara korban meninggal akibat kecelakaan pada 2017 menelan jiwa sebanyak 865 orang. Sedangkan pada tahun ini, jumlah korban meninggal akibat kecelakaan menurun dengan total 346 orang.

Adanya penurunan jumlah laka lantas selama operasi ketupat dari H-8 sampai dengan H+4 tahun 2017 dibandingkan tahun 2018.(helmi) 

loading...