Angkasa Pura 2

Direktur AMM Ahmad Yani Buka Pelatihan dan Peluncuran Pelayanan Perizinan Angkutan Secara Online

Koridor SDMKamis, 15 November 2018
IMG-20181115-WA0001

IMG-20181115-WA0006

BEKASI (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan Multimoda (AMM) Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Ahmad Yani, ATD, MT membuka acara Pelatihan dan Peluncuran Pelayanan Perizinan Angkutan Secara Online di Bekasi, Kamis (15/11/2018) malam.

Didampingi Ketua Panitia Deny Kusdiana, Perwakilan Kepala BPTJ, DPP Organda dan DPP Aptrindo, Direktur AMM Ahmad Yani memukul gong sebagai tanda dimulainya Pelatihan Perizinan Sistem Online tahun 2018.

Dikatakan Yani, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), papar Yani, telah melaksanakan perizinan online yang dikenal dengan sebutan SPIONAM.

“Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian dengan melaksanakan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elekronik atau VBTSE, yang lebih mudah disebut dengan nama Generik online sistem submission atau OSS,” jelas Yani.

Semua produk kebijakan ini hadir, menurut Yani, adalah dalam rangka pelayanan perizinan berusaha yang berlaku di semua kementerian, lembaga dan Pemda di seluruh Indonesia yang selama ini dilakukan melalui perizian terpadu satu pintu (PTSP).

“Selain melalui PTSP, masyarakat mengakses sistem OSS, secara daring dimanapun dan kapanpun,” papar alumni STTD Bekasi itu.

OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP No.24/2018 merupakan upaya Pemerintah dalam meyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, setelah memberikan kepastian kepada pelaku usaha.

Pada kesematan itu, Direktur AMM Ahmad Yani menyampaikan ucapan selamat melaksankan kegiatan pelatihan dan peluncuran pelayanan perizinan angkutan secara online.

Selain itu juga berharap hadir yang hadir untuk terus meningkatkan profesonalisme kerja untuk mendukung penyeenggaraan angkutan umum yang lebih baik dimasa mendatang, dalam memberikan pelayanan ke masyarakat yang selaras dengan peraturan UU.

“Kita insan perhubungan harus mampu menjawab tantang dan kebutuhan masyarakat akan jasa ransortasi yang aman, nymana, andal dan selamat serta sesuai dengan kebutuhan dan pilihan masyarakat,” tegas Yani.

IMG-20181115-WA0003

130 Peserta Pelatihan

Sementara, Ketua Panitia Deny Kusdiana dalam laprannya menyebutkan, program Pelatihan Perizinan Sistem Online ini diikuti 130 orang. Termasuk mereka yang akan mbergabung mulai esok hari.

“Mereka berasal dari Kemenhub, BPTD, Dinas Perhubungan serta pelaku usaha baik Kendaraan Angkuran Orang, Kendaraan Angkatan Barang serta Kendaraan BP3,” sbut Deny.

Acara akan dimulai malam ini, dan berakhir Sambut (17/11/2018) mendatang. Sebagian besar perseta menginap di Hotel Horison Bekasi, namun karena keterbatasan kamar, maka sebagian harus menginap di tempat lain.

“Tidak menuntup kemungkinan, peserta dari Jabodetabek langsung datang dari kantor atau tempat tinggal masing-masing,” tegas Deny.(helmi)