Angkasa Pura 2

Jembatan Kali Kuto Batang-Kendal Selesai Dibangun Dan Siap Dilintasi

KoridorSabtu, 17 November 2018
FB_IMG_1542376095381

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Proyek Jembatan Kali Kuto di ruas Tol TransJawa antara Batang dan Kendal, Jawa Tengah sudah selesai dibangun an siap diresmikan. Jembatan itu memiliki konstruksi unik dan tampak kokoh dilihat dari kejauhan.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan para Direksi BUMN baru saja menyelesaikan Ekspedisi Tembus Tol TransJawa.  Jika semua sudah selesasi, maka perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh antar 8-10 jam.

Dalam perjalanannya, Menteri Rini dan rombongan para pejabat BUMN juga  melewati Jembatan Kali Kuto di ruas antara Batang-Semarang.

Jembatan Kali Kuto, menjadi titik krusial pada raus mudik Lebaran 2018, karena masih dalam tahap pembangunan. Sempat dibuka,  sebelum akhirnya runtuh dan harus ditutup pagi setelah masa peak season tahun 2018 itu.

Seperti dilansir akun @Kementeruan BUMN menyebutkan, bobot jembatan Kali Kuto 2.400 ton dan mampu menahan beban hingga 1.946,1 ton.

Panjang bagian utama Jembatan Kali Kuto yaitu 100 meter. Sedangkan dua jembatan di sampingnya masing-masing 30 meter. “Jadi totalnya 160 meter,” kata akun tersebut.

Jemabatan Kali Kuto, merupakan jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya pelengkung steel joint welding dengan penggantung multi strand, dengan lebar 32m badan jalan.

Jembatan Kali Kuto juga tanpa adanya tie beam memanjang, dan erection metode lowring kabel stayed, dirakit di lokasi pemasangan.

Tol Ngawi-Kertosono

Pada bagian lain, Kementerian BUMN juga menyebutkan,  Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono sudah menunjukkan progres yang cukup menggembirakan.

Saat ini, pembebasan lahan untuk Seksi 4 Wilangan-Kertosono Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono telah rampung 100%. Sementara pembangunan konstruksi telah rampung 90%. .

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), selaku anak usaha dari PT Jasa Marga, yang bertugas mengelola Jalan Tol Ngawi-Kertosono tengah berfokus pada penyelesaian pekerjaan teknis.

Jalan Tol Ngawi-Kertosono, yang telah beroperasi sebagian ini, memiliki panjang total 87,02 km.

Pekerjaan di ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,50 km dilakukan JNK dan sudah dioperasikan sejak 1 April 2018, sedangkan sisanya 37,97 kilometer dikerjakan pemerintah.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari