Angkasa Pura 2

Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bisa Dilakukan Di BPLJSKB BEKASI Atau BT2MP

Koridor OtomotifSenin, 19 November 2018
IMG-20181119-WA0043

JAKARTA (beritatrans.com) – Untuk melakukan uji emisi gas buang ini dapat di lakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi. Jika ada hambatan dapat di Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) yang merupakan hasil kerjasama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Bisa juga uji emoji di fasilitas/laboratorium pengujian yang telah terakreditasi lainnya dengan syarat harus disaksikan pejabat atau petugas yang telah ditunjuk oleh Ditjen Hubdat.

“Uji emisi gas buang merupakan salah satu pengajuan persyaratan laik jalan Kendaraan Bermotor dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengujian tipe kendaraan bermotor,” kata Dewanto Purnachandra, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Uji Tipe Kendaraan Bermotor, Direktorat Sarana Perhubungan Darat Di Jakarta, Denim (19/11/2018).

Menurutnya Pengujian tipe kendaraan bermotor merupakan kegiatan pengujian yang dilakukan terhadap fisik kendaraan bermotor. Atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor, kereta gandengan atau kereta tempelan sebelum kendaraan bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta kendaraan bermotor yang dimodifikasi.

Hal ini, menurut Darwanto telah sesuai dengan dasar hukum pelaksanaan pengujian tipe kendaraan bermotor telah diatur dalam:

1. Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
2. Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan
3. Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor

Dalam sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Perhubungan Darat kali ini dihadiri oleh 100 orang peserta dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan Provinsi Se-Pulau Jawa.

Selanjutnya Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota se Jabodetabek, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, seluruh Balai Pengelola Transportasi (BPTD), serta Direktorat Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari