Angkasa Pura 2

Tinggi Animo Ikut DPM di BP2IP Barombong dan Didukung Penuh Pemkab Donggala

SDMSelasa, 20 November 2018
IMG-20181119-WA0038

2018-11-20 08.11.18

BAROMBONG (BeritaTrans.com) – Program BP2IP Barombong untuk merekrut dan memberdayakan pemuda Pemkab Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) mendapat respon masyarakat serta Pemda setempat.

Mulai pendaftaran, tes kesehatan difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Donggala, dan didampingi Kadishub Pemkab Donggala Saut M.H.B. Hutabarat, SH. Saat pemberangkatan mengikuti DPM, mereka dilepas Bupati Donggala bersama Tim BP2IP Barombong.

Peserta DPM itu berasal dari kelurahan di setiap kecamatan di Pemkab Donggala. Sebagian besar korban bencana gempa bumi dan tsunami. Sebagian pendaftar kehilangan harta benda, rumah, hingga ada yang kehilangan orang tua mereka, bahkan sudah tidak punya apa-apa sampai kesulitan membeli meterai.

Mereka terharu mendapatkan perhatian dan melaksanakan diklat gratis di BP2IP Barombong. Peminat melebihi kuota100 orang peserta DPM. Selama dua pekan mereka akan dididik dan dilatih tentang dasar-dasar pelayaran dan kepelautan di BP2IP Barombong.

Dalam diklat tersebut, mereka akan mendapatkan diklat serta sertifikat Basic Safety Training (BST), Advance Fire fighting (AFF), dan Security Awarnes Training (SAT).

IMG-20181119-WA0026

Dilaksankan Tahun 2018

Kepala BP2IP Barombong Capt. Rachmat Tjahjanto, M.Mar didampingi staf Rina kepada BeritaTrans.com mengatakan, animo masyarakat Donggala cukup besar ikut program DPM di BP2IP Barombong.

“Untuk tahap pertama, bisa diperoleh 100 orang peserta DPM dan sekarang sudah ikut pelatihan di BP2IP Barombong,” kara Rina.

Selebihnya, akan diakomodasikan dalam program serupa di tahun 2019 mendatang. “Proses rekrutmen putra Donggala sudah dilakukan. Tapi pelaksanaan DPM baru dilaksanakan tahun depan dengan anggaran 2019,” jelas Rina.

Ditambahkan Capt. Rachmat, selain merekrut putra Pemkab Donggala, BP2IP Barombong juga melakukan rekrutmen di Kabupaten Tolitoli di Sulawesi Tengah, Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara di Provinsi Maluku Utara.

Kemudian dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Provinsi Papua, dan di Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari