Angkasa Pura 2

Sudah Anggarkan Relawan SALUD, BPTD Riau Dapat Apresiasi Dirbinkes Risal Wasal

Koridor SDMKamis, 22 November 2018
2018-11-22 15.19.06

IMG-20181121-WA0031

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Data yang dimiliki Direktorat Bina Keselamatan (Binkes) Ditjen Hubdat, Kementerian Perhubungan tercatat  baru Relawan SALUD Riau yang telah memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Khusus untuk Riau, kami sarankan agar segera membuat badan hukum relawan SALUD-nya, karena telah memiliki AD/ART. Kami di pusat masih mempelajari untuk mempersiapkan organisasinya di tingkat pusat,” kata Direktur Pembinaan Keselamatan  M Risal Wasal di Jakarta, kemarin.

Dirbinkes  juga menyampaikan apresiasi terhadap komitmen dan kerja keras jajaran Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV, Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

“Kerja keras kawan-kawan di BPTD Wilayah IV yang dipimpin Bapak Syarifuddin Ajie Panatagama, membuat kami di pusat semakin termotivasi untuk menjadikan budaya keselamatan lalu lintas sebagai kebutuhan masyarakat,” jelas Risal.

Syariudin Ajie saat dikonfirasi BeritaTrans.com membenarkan pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk Relawan SALUD di wilayahnya. “Kami sudah mengalokasi  dana untuk Relawan SALUD. Semoga daerah lain segera menyusul,” harap Ajie.

Kemenhub, papar alumni STTD itu, pihaknya  akan  mendorong partisipasi dan dukungan langsung para kepala daerah terhadap program sadar lalu linras usia dini (SALUD). Progra  dan dukungqn ini, akan dituacngkan melalui surat resmi.

“Minimal, di setiap provinsi, kabupaten dan kota, dibentuk organisasi atau perkumpulan Relawan SALUD, yang pengurusnya di-SK-kan oleh kepala daerah masing-masing,” kata Risal lagi.

SK ini dimaksudkan Risal, sebagai wujud dukungan dan partisipasi langsung para kepala daerah, sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat.

“Kami dari Kemenhub, bisa fokus mempersiapkan dan sinerjikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program pengurus SALUD di daerah,” katanya.

Menurut Dirbinkes, hal ini sangat beralasan sekali mengingat, kepala daerah sebagai pemilik wilayah harus dilibatkan langsung secara emosional.

“Kami memastikan, mulai tahun 2019 ini, Kemenhub RI akan meluncurkan anggaran untuk mendukung kegiatan relawan SALUd di daerah,” tandas Risal.(helmi)

loading...