Angkasa Pura 2

Irjen Kemenhub Dorong Optimasi Teknologi Informasi pada Transportasi Laut

DermagaJumat, 23 November 2018
FB_IMG_1542867539102

FB_IMG_1542867557736

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo hadir sekaligus memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Irjen berharap, permasalahan terkait pengawasan operasional kapal terhadap muatan yang diangkut dan ketidaksesuaian rute trayek.

“Ini dapat disiasati dengan mengoptimalkan sistem teknologi informasi,” jelas Irjen yang akrab disapa Tommy.

Hal itu diantaranya dengan melaksanakan optimalisasi Inapornet, DO Online, Digitalisasi Tiket Online yang sudah dilaksanakan pada enam pelabuhan sebagai pilot project, dan Sistem Informasi Ruang Muat Kapal serta Tracking System.

“Keenam pelabuhan tersebut adalah Kaliadem, Surabaya, Tanjung Pinang, Bau Bau, Tarakan dan Tulehu,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang telah memprakarsai penyelenggaraan Rakor ini yang sangat penting artinya bagi terwujudnya pelayanan transportasi yang optimal bagi masyarakat khususnya dibidang transportasi laut.

“Besar harapan saya semoga melalui Rakor ini dapat memantapkan Sistem Transportasi Nasional yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh negeri,” katanya.

Irjen juga menyampaikan pentingnya infrastruktur transportasi laut dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perhatian akan langsung tertuju pada ketersediaan sarana dan prasarana transportasi laut seperti akses jalan yang baik, pelabuhan yang memadai, armada kapal yang andal dan ketersediaan fasilitas pendukung lainnya. (omy)