Angkasa Pura 2

Pergub Larangan Truk Batu Bara Melintasi Jalan Umum, Menhub: Harus Memicu Operator Tingkatkan Pelayanan

KoridorMinggu, 25 November 2018
Menhub Budi Karya ke Brexit

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Berkaitan dengan penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Selatan Nomor 74 tahun 2018 yang mengatur pelarangan truk pengangkut batu bara melintasi jalan umum juga menjadi perhatian Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja dan dialog dengan jajaran Pemprov Sumsel.

Menhub menanggapi Pergub mengenai adanya aturan ini, menurutnya harus menjadi kesempatan para operator angkutan tersebut untuk melakukan peningkatan pelayanan dan perbaikan.

“Pengguna angkutan barang batu bara bisa memaksimalkan penggunaan kereta api. Karena kereta api itu belum maksimal, masih ada ruang angkut yang bisa digunakan dan yang kedua kita persilahkan juga gunakan jalan-jalan khusus yang sudah dibangun, kalaupun masih ada segmen yang belum itu tahap berikutnya,” kata Menhub di Palembang, Sulsel, kemarin.

Menurutnya, selama ini pengoperasian truk pengangkut batu bara di jalan raya menimbulkan banyak masalah. Mereka itu seperti potensi terjadinya kecelakaan, kemacetan lalu lintas, dan kerusakan jalan raya yang terus menerus terjadi akibat beban jalan yang berlebih.

Namun Menhub memastikan, bahkan kebijakan yang dibuat ini tidak bertujuan untuk menyudutkan salah satu pihak yang bekepentingan. Menhub ingin mengajak semua pihak untuk berkolaborasi.

“Kita tidak punya niat untuk menyingkirkan satu kelompok, apalagi itu kegiatan ekonomi, ” terang Menhub.

Akan tetapi, saran Menhub, marilah kita kolaborasi untuk membuat angkutan itu tetap jalan, dan kami mendukung pihak-pihak terkait untuk melakukan koordinasi,” pungkas putra kelahiran Palembang, SUmsel itu.(helmi)

 

loading...