Angkasa Pura 2

Menhub Minta Balitbanghub Tingkatkan Kerja Sama dengan Akademisi

LitbangSelasa, 27 November 2018
IMG20181127093650

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) untuk meningkatkan kerja sama dengan akademisi.

“Mungkin untuk laboratorium kita serahkan BPPT, kita mengeluarkan policy saja, diantaranya bekerjasama dengan kampus-kampus,” tutur Menhub di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Balitbanghub bisa melakukan dengan lebih tajam dan mendasar. Misalnya saja terkait sektor transportasi darat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Laut dengan Universitas Diponegoro, dan Udara bersama Universitas Indonesia.

Inovasi di berbagai moda dengan mengusung teknologi terkini sudah harus bisa dimulai Balitbanghub. Paling tidak dalam setahun ini sudah bisa terlihat implementasinya.

“Lakukan yang riil, tajam, dan membumi,” ungkap dia.

Menurutnya, Balitbanghub agar mampu merespon dinamika perkembangan dunia yang semakin cepat. Dengan tren perubahan seperti Megatren Dunia 2045 dan revolusi industri 4.0, dimana industri global saat ini didominasi oleh penggunaan sistem teknologi informasi dan komunikasi.

Seperti diketahui, selama ini Balitbanghub telah melakukan berbagai penelitian dan pengembangan yang melibatkan akademisi untuk peningkatan dan pengembangan sistem transportasi.(omy)