Angkasa Pura 2

Jelang Nataru, Dirjen Hubud: Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan!

Bandara KokpitRabu, 28 November 2018
IMG_20181127_113907

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti menegaskan agar seluruh penyelenggara penerbangan meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Pihaknya telah mengeluarkan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor: INST 09 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 pada 26 November 2018 yang ditujukan kepada jajaran Ditjen Hubud dan para Penyelenggara penerbangan.

“Masa Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 atau selama 18 hari,” ujar Polana di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Untuk pemantauan angkutan Nataru domestik, titik pengendaliannya berada di 36 Bandara. Sedangkan penerbangan internasional di tujuh bandara.

“Kami telah membagi pengawasan tersebut ke dalam beberapa sub sistem agar masing-masing unit dapat lebih fokus,” ujar dia.

Diantaranya yakni kepada maskapai, diinstruksikan untuk mengambil langkah-langkah antara lain mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Melakukan check and richeck kesiapan armada dan kru, menyampaikan rencana operasi termasuk penambahan kapasitas selama masa angkutan Nataru serta menggunakan semaksimal mungkin semua saluran informasi yang ada temasuk media sosial untuk penyebarluasan informasi yang perlu diketahui masyarakat pengguna jasa penerbangan.

“Maskapai agar memberlakukan tarif sesuai aturan yang berlaku, menyiapkan sistem reservasi dan transfer/transit penumpang dengan efektif dan efisien dan jika terjadi keterlambatan agar mematuhi ketentuan kompensasi keterlambatan,” imbuh Polana.

Semua laporan hasil kegiatan dan data Nataru dapat disampaikan melalui aplikasi sisfoangud.

“Saya ingatkan, core business dalam penerbangan adalah safety dan kita punya 3S+1C (Safety, Security, Services + Compliance) yang harus dipenuhi,” tutupnya. (omy)

loading...