Angkasa Pura 2

Kemenhub Komit Tingkatkan Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Maritim

Another News DermagaRabu, 28 November 2018
IMG_20181128_103424

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut komit meningkatkan keselamatan dan kelestarian lingkungan maritim. Diantaranya dengan mencegah terjadinya tumpahan minyak dan bergerak cepat menyelesaikan yang terjadi di laut.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela membuka Simposium Internasional Lingkungan Kelautan yang diselenggarakan Slickbar Indonesia dan Universitas Balikpapan di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

“Kami juga terus menggugah kesadaran bersama dan memunculkan solusi penanggulangan minyak di laut,” jelas Menhub.

Pihaknya juga melakukan inisiasi dan konvensi International Maritime Organization (IMO) sejak tahun 2000-an dengan mematuhi peraturan yang ada.

Diakui Menhub, tumpahan minyak memang tidak bisa diprediksi apakah akan dapat benar-benar tak terjadi lagi atau tidak, untuknya kesiapsiagaan telah dilakukan.

Ketua Panitia Penyelenggara Simposium Bayu Satya menyampaikan, kejadian tumpahan minyak di Teluk Balikpapan menjadi studi kasus yang menarik dibahas dalam sebuah simposium edukatif sebagai sarana pembelajaran anak bangsa di masa depan.

“Simposium ini dianggap sangat penting karena perairan Indonesia masih rentan dalam hal pencemaran termasuk pencemaran tumpahan minyak. Kasus tumpahan minyak banyak terjadi di wilayah perairan, terutama pelabuhan laut maupun di sekitar areal eksplorasi tambang minyak,” urainya.

Untuk itu pihaknya juga mengajak agar masyarakat tergugah dan menyadari bahaya dari tumpahan minyak dan mengatasinya.

Seperti diketahui Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) selalu melakukan pelatihan setiap tahunnya terkait penanganan tumpahan minyak di laut.

Indonesia juga melakukan dengan negara lain seperti Filipina, Jepang, dan lainnya pelatihan regional dua tahun sekali. Tahun depan gelarannya akan dilaksanakan di Filipina. (omy)

loading...