Angkasa Pura 2

Belajar Mengenai Manajemen lalin dan Keselamatan, Taruna PKTJ Kunjungi Pertamina RU Balongan dan Dishub Kota Bandung

Energi Koridor SDMKamis, 29 November 2018
IMG-20181129-WA0006

IMG-20181129-WA0008

BANDUNG (BeritaTrans.com) – PKTJ Tegal mengajak taruna-taruni untuk kunjungan lapangan, yaitu ke  PT Pertamina RU VI Balongan Indramayu.  Perjalanan dilanjutkan ke Dishub Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Kunjungan lapangan para taruna PKTJ  ini adalah untuk pengayaan materi serta pengalaman praktis setelah taruna menerima teori dalam perkuliahan di kampus PKTJ Tegal, Jawa Tengah.

Sebanyak 45 orang taruna dewasa (tingkat 4) dari Prodi atau jurusan Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan (MKTJ)   ikut dalam prorams tusi lapangan ini.

Bertindak sebagai  dosen pendamping Sutardjo, SH, MH dan juga Edy Yulianto, ATD, MT. Mereka menyertai perjalanan para taruna selama tiga hari terakhir.

Dalam kunjungan ke Pertamina RU Balongan,  kata Edy, tarna belajar mengenai manajemen transportasi dan keseamatan khususnya dalam angkutan B3 khususnya BBM.

RU Balongan meruakan salah satu instalasi milik Pertamina yang mengolah minyak mentah dan kemudian mendistribusikannya ke berbagai daerah khususnya di Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Selain itu, dari RU Balongan BBM juga dipasok melalui pipa ke Depo BBM Plumpang Jakarta Utara. “Semua itu harus dikelola dengan manajemen yang baik, tentunya denga syarat dan ketentuan khusus sesuai kaidah keselamatan dan penanganan BBM,” jelas Edy saat dikonfirmasi BeritaTrans.com, Kamis (29/11/2018).

Dishub Bandung

Semanetara, daam perjalanan ke Dishub Bandung, menurut alumni STTD Bekasi itu,  para taruna PKTJ  diterima oleh salah satu pejabat di Dishub Kota Bandung, yaitu Asep Kurnia ATD, MT.

Di Dishub Kota Bandung, taruna mendapatkan pemaparan materi mengenai manajemen dan rekayasa lalu lintas, khususnya di Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

“Kondisi lalin di Bandung kini makin macet, terlenbih di akhir pekan atau libur panjang. Disitulah dibutuhkan manajemen transportasi yang baik, dan taruna PKTJ bisa mendapatkan pengayaan materi selama berkunjung ke Dishub Bandung,” terang Edy.

Taruna PKTJ khususnya prodi MKTJ, dipersiakan menjadi perancang dan pencari solusi berbagai masalah transportasi darat di Tanah Air. “Mereka disisik dan dipersiakans ecara matang, mulai dari kampus, sampai praktik langsung di lapangan,” sebut Edy.

“Meteri itulah yang diperoleh para taruna dalam kunjungan lapangan ke berbagai titik, mulai RU Balongan, Dishub Jawa Barat dan lokasi lain selama perjalanan,”  tegas Edy.(helmi)

loading...