Angkasa Pura 2

Bidik Dana Rp1 Triliun, Mandiri Tunas Finance Terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV 2018 Tahap I

Koridor OtomotifKamis, 29 November 2018
IMG-20181129-WA0060

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Mandiri Tunas Finance (MTF),  berupaya mempertahankan pertumbuhannya dengan mencari berbagai opsi pendanaan untuk mendapatkan modal kerja. MTF tahun 2018 menerbitkan obligasi melalui Penawaran Umum Berkelanjutan “Obligasi Berkelanjutan IV Mandiri Tunas Finance” (PUB IV) Tahap I Tahun 2018, dengan target pencapaian dana Rp1 triliun.

“Penerbitan obligasi tersebut merupakan bagian dari penerbitan PUB IV yang menargetkan dana dengan nilai nominal sebanyak-banyaknya sebesar Rp3 triliun,” kata Corporatse Secretarty  & Legal MTF Arif Reza Fahlevi kepada pers di Jakarta, Kamis (29/11/20180).

Sebelumnya, Direktur Utama MTF Arya Suprihadi dalam Investor Gathering di Jakarta menyatakan, “Penerbitan obligasi ini merupakan upaya kami untuk mendapatkan opsi pendanaan alternative sehingga dapat melanjutkan pertumbuhan pembiayaan secara lebih efisien,” kata dia.

Dengan demikian, kata Arya,  MTF akan lebih banyak berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pembiayaan kendaraan bermotor.

“Kami optimistis obligasi ini akan diterima dengan baik oleh investor, dengan adanya kinerja keuangan MTF yang baik dan terlebih lagi diperolehnya rating peringkat hutang jangka panjang yaitu idAA+ (Double A plus) dari Pefindo,” jelas Arya lagi.

Obligasi tersebut akan diterbitkan dalam 2 (dua) Seri yaitu, Obligasi Seri A dengan jangka waktu 3 (tiga) tahun dengan tingkat bunga 8,75% – 9,75% per tahun dan Obligasi Seri B dengan jangka waktu 5 (lima) tahun dengan tingkat bunga 9,25% – 10,25% per tahun.

Sementara, pembayaran kupon bunga obligasi akan dibayarkan setiap tiga bulan. Sedangkan jaminan obligasi ini adalah jaminan fidusia berupa piutang performing sekurang-kurangnya sebesar 60% (enam puluh persen) dari nilai pokok Obligasi yang terhutang.

50% Untuk Pelunasan  Refinancing

Dana yang diperoleh dari hasil Obligasi ini, menurut Arya, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan dipergunakan 50% untuk pelunasan seluruhnya (refinancing) pokok Obligasi Berkelanjutan II Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2015 Seri A, dan 50% modal kerja untuk pembiayaan kendaraan bermotor Perseroan.

Adapun yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi ini adalah PT Mandiri Sekuritas dan PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Sedangkan bertindak sebagai Wali Amanat adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.(helmi)

loading...