Angkasa Pura 2

Dukung Pengembangan Ekonomi dan Wisata, PLN Tambah Kabel Laut Ke Tiga Gili NTB  

Destinasi Energi KoridorKamis, 29 November 2018
IMG-20181129-WA0120

IMG-20181129-WA0118

MATARAM (BaritaTrans.com) – PT PLN (Persero) kembali menambah kabel laut ke Kawasan Tiga Gili (Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan).  Langkah itu dimaksudkan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat terutama pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Listrik merupakan faktor penting dalam mendukung kemajuan pariwisata. Kawasan Tiga gili ini merupakan destinasi favorit wisatawan. Kebutuhan listriknya terus meningkat, untuk antisipasi maka kita siapkan listriknya dengan penambahan kabel laut,” terang General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka di Mataram, Kamis (29/11/2018).

Ke depan, lanjut dia,  diharapan industri pariwisata di NTB makin baik. Jumlah turis meningkat, hotel dan restorant tumbuh. Sektor transportasi pun akan berkembang sejalan dengan kedatangan para turis ke Mataram dan NTB pada umumnya.

Data Dinas Pariwisata Provinsi NTB menunjukan bahwa angka pada tahun 2017 jumlah wisatawan  berkunjung ke NTB telah mencapai 3,5 juta wisatawan. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2016 yang hanya sejumlah 3,2 juta wisatawan.

“Kawasan Tiga Gili menjadi destinasi utama NTB, khususnya bagi wisatawan asing. Sementara pada tahun 2018, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB mencapai 4 juta wisatawan,” jelas Rudi.

Dikatakan, pertumbuhan beban listrik sejalan dengan pertumbuhan jumlah wisatawan. Pertumbuhan beban listrik, khususnya di Kawasan Tiga Gili selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Pada tahun 2014 beban listrik di Kawasan Tiga Gili baru mencapai 2 Megawatt (MW), namun meningkat menjadi, 4,2 MW pada tahun 2016 dan 4,6 MW pada tahun 2017. Pada pertengahan tahun 2018, beban kembali meningkat menjadi 5 MW,” papar Rudi.

IMG-20181129-WA0108

Tambah Dua Kabel Laut

Rudi  juga menjelaskan, penambahan kapasitas listrik dilakukan dengan menambah dua buah kabel laut 20 kiloVolt (kV) masing- masing sepanjang  4,7 kilometer sirkuit (kms) yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Kawasan Tiga Gili.

Sebelumnya, PLN juga telah memasang dua buah kabel laut 20 kV untuk melistriki Kawasan Tiga Gili.  Dengan begitu, ada tambahan pasokan dan kendalan listrik ke daerah Mataram dan sekitarnya.

“Penambahan dua kabel total sepanjang 9,4 kilometer sirkuit (kms) ditambah akan beroperasinya Gardu Induk Tanjung dapat meningkatkan kapasitas daya listrik untuk Kawasan Tiga Gili dari 16 MW menjadi 36 MW,” tandas Rudi.(helmi)

loading...