Angkasa Pura 2

Ini Tujuan Balitbanghub Kaji Pengembangan Transshipment Kargo di Bandara Ngurah Rai

Bandara Kokpit LitbangKamis, 29 November 2018
IMG_20181129_105856

BALI (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan mengkaji bersama stake holder terkait Pengembangan Transshipment Kargo Udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam kemasan Focus Group Discussion (FGD).

Kepala Balitbanghub Sugihardjo menyebutkan, ada beberapa latar belakang yang menjadi pemicu diselenggarakannya FGD Pusat Penelitian dan Pengembangan Udara ini.

“Diantaranya kinerja logistik masih rendah dan belum adanya bandara kargo transshipment sedangkan potensinya sangat besar,” tutur Sugihardjo di Bali, Kamis (29/11/2018).

Untuk itulah dilakukan kajian yang bertujuan diantaranya adalah guna melakukan pemetaan proses bisnis kargo eksisting. Mengindentifikasi peluang pengembangan bisnis kargo transshipment, dan melakukan benchmarking ke bandara kargo well-established.

Selanjutnya, tujuan lainnya yakni untuk menganailsis pengembangan bisnis kargo transshipment. Menyusun analisis regulasi dan kebijakan yang mendukung pengenbangan bisnis kargo transshipment, serta menyusun millestone pengembangan bisnis kargo transshipment.

Kapuslitbang Udara M. Alwi menambahkan, ada beberapa tujuan dari FGD hari ini. Diantaranya menyepakati bersama konsep dan definisi transshipment. Mendiskusikan upaya-upaya yang perlu dilakukan operator untuj pengembangannya.

“Kita juga mendiskusikan kebutuhan pengguna jasa logistik terhadap layanan kargo transhipment, serta kebijakan lintas sektor Kementerian,” ucapnya. (omy)