Angkasa Pura 2

Kabadan Litbanghub Buka Workshop Transhub Community

Litbang SDMJumat, 30 November 2018
IMG_20181130_090613

SEMINYAK (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan Sugihardjo membuka Workshop Transhub Community dengan tema “How To Be a Succesfull Startup” di Seminyak, Bali, Jumat (30/11/2018).

Menurut Sugihardjo, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini telah mendisrupsi beberapa sektor kegiatan perekonomian, seperti munculnya beberapa perusahaan Startup di bidang transportasi.

“Sebagai regulator, Kemenhub berkewajiban memberikan ruang kepada Startup yang bergerak di bidang transportasi untuk ikut meningkatkan kinerja dalam bidang transportasi dengan mengadakan lomba ide bisnis Startup Transhub Challenge yang telah usai beberapa waktu lalu,” tutur Sugihardjo yang akrab disapa Jojo.

Namun Balitbanghub tak ingin hanya berhenti pada lomba dan menghasilkan pemenang. Hal itu mengingat pengembangan ide bisnis Startup bukan hal mudah.

Oleh karena itu para finalis Transhub Challenge telah bergabung dalam Transhub Community untuk didukung memeroleh bapak angkat untuk inkubasi bisnisnya.

Mereka juga membutuhkan Sharing Experience dari Startup yang sudah mapan dan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui penyelenggaraan workshop ini.

“Salah satu kegiatan dari Transhub Community ini bertujuan meningkatkan networking dan kapasitas para Startup khususnya finalis dan pemenang lomba serta mempertemukan dengan bapak angkat untuk dapat menyusun program tindak lanjut ke depan agar ide bisnis yang ada dapat diaplikasikan dan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja transportasi,” urai dia.

IMG_20181130_091521

Saat ini, kata Jojo, Balitbanghub telah berkoordinasi dengan Bapak Angkat bagi calpon para Startup terkait dengan progress dari implementasi ide bisnis Startup.

Kedua pihak juga telah berkoordinasi tentang rencana penyusunan program kerja dan membuat kesepakatan tindak lanjut kerja sama serta penyusunan anggaran biaya.

“Bapak Angkat sudah berkoordinasi dengan 12 tim dari 20 finalis Transhub Challenge,” ungkapnya.

Diantaranya adalah Log-in dengan PT.BRI (persero),Tbk dan PT. KAI; Jakarta Bike Hub dengan PT. BNI (persero), Tbk dan PT. Telkomsel; i-TDS dengan PT.INTI; Newton-X dengan PT Samudera Indonesia; Virtual Reality dengan PT. Angkasa Pura II (persero); Triplogic dengan PT.BNI (persero), Tbk; Kazee Data Analytic dengan PT. Angkasa Pura II (persero); SharC dengan PT. Blue Bird.

Selanjutnya FORWARDEX dengan ALFI; Mata Garuda dengan AirNav Indonesia; Nitih-Nitih dengan PT. Jasa Raharja; CONSecure dengan PT.Pelni. Saat ini, Launching Pilot Project Jakarta Bike Hub akan dilakukan pada akhir tahun bersama PT. BNI (persero), Tbk. (omy)