Angkasa Pura 2

Kabel Laut PLN di Tiga Gili NTB, Dipasang Ramah Lingkungan dan Tak Ganggu Lalu Lintas Kapal di Sekitarnya

Destinasi Energi SDMJumat, 30 November 2018
IMG-20181129-WA0113

IMG-20181129-WA0116

MATARAM (BeritaTrans.com) – Penambahan dua kabel laut total sepanjang 9,4 kilometer sirkuit (kms) ditambah akan beroperasinya Gardu Induk Tanjung di Mataram, NTB dapat meningkatkan kapasitas daya listrik untuk Kawasan Tiga Gili dari 16 MW menjadi 36 MW.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka di Mataram, Kamis (29/11/2018) mengatakan,   dipasang dengan teknologi canggih, ramah lingkungan serta mendukung industruli pariwisata disana.

“Posisi kabel juga tidak akan mengganggu lalu lintas kapal nelayan dan kapal pariwisata bahari di kawasan Tiga Gili ini,” sebut Rudi mantap.

Dengan begitu, menurut Rudi, manajemen PLN  justru sangat mendukung program kunjungan pariwisata di Tiga Gili dan NTB pada umumnya. “Kawasan Tiga Gili NTB diproyeksikan menjadi destinasi unggulan di masa depan,” jelas Rudi.

Menurutnya, pembangunan kabel laut tambahan untuk Kawasan Tiga Gili ini direncanakan selesai pada Desember 2018 dan akan beroperasi pada Januari 2019.

“Dengan kapasitas yang besar, investor tentu tidak akan lagi khawatir dengan ketersediaan listrik di Kawasan Tiga Gili.”

Dia menuturkan, selain untuk menambah kapasitas, penambahan kabel laut ini juga akan meningkatkan keandalan listrik di Kawasan Tiga Gili, Mataram dan NTB pada umumnya.

“Tiga gili kini menjadi destinasi utama, jangan sampai kalau nanti ada gangguan di satu kabel laut, tidak ada cadangannya. Tambahan kabel laut yang kita pasang ini jadi back up, supaya listrik di Kawasan Tiga Gili tetap andal,” kilah  Rudi.

Pembangunan kabel laut di Kawasan Tiga Gili juga telah mendapatkan izin-izin dari badan-badan terkait, baik di tingkat pusat maupun provinsi. Selain itu, papar Rudi,  dari sisi keamanan, kabel laut yang dipasang telah dilapisi pengaman khusus dan ramah lingkungan.

Keberadaan kabel laut itu  tidak akan mengganggu tumbuhnya terumbu karang, lantaran bahan pelindungnya telah disesuaikan agar dapat menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang.
(helmi)

loading...