Angkasa Pura 2

Dermaga di Pulau Sebuku Ketinggian, Rampdoor Kapal Bamega Jaya Terangkat

DermagaRabu, 5 Desember 2018
kmp-bamega-merapat-di-pelabuhan-pulau-sebuku

BATULICIN (BeritaTrans.com) – Uji coba kapal Bamega Jaya tujuan Teluk Gosong – Pulau Sebuku menemukan persoalan, Rabu (5/12/2018).

Dermaga di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, ternyata masih tinggi sehingga rampdoor kapal Bamega terangkat.

Dampaknya, mobil dan sepeda motor tidak bisa bongkar muat. Sehingga perlu perbaikan lagi. Berbeda dengan dermaga yang ada di Teluk Gosong, kapal Bamega Jaya, bisa sandar dan bongkar muatnya lancar.

Sementara di Pulau Sebuku, kendaraan roda empat dipastikan tak bisa bongkar muat dengan kondisi tersebut. Sehingga uji coba dermaga dan kapal harus disesuaikan lagi dari pihak Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalimantan Selatan dibawah Kementrian Perhubungan.

Terpantau, sepeda motor di Pulau Sebuku harus digotong dan diangkat oleh beberapa orang agar bisa naik atau turun. Sementara roda empat atau lebih dipastikan tidak bisa masuk atau tidak bisa keluar.

General Manager PT ASDP Batulicin, Yudhi Yanuar, didampingi Manager Usahanya Marsadik, mengatakan hasil uji coba masih ada kendala.

Dari Batulicin menuju Teluk Gosong tidak ada masalah. Sementara dari dua dermaga yaitu di Teluk Gosong sudah bisa sandar dan bongkar muat. Sedangkan untuk di dermaga Pulau Sebuku ada kendala rampdoor yang tidak pas karena dermaganya terlalu tinggi.

Akibatnya, bongkar muat kendaraan penumpang tidak bisa laksanakan saat ujicoba. Sehingga perlu perbaikan agar kapal bisa melakukan bongkar muat.

“Kalau kita lihat bersama, memang dermaga di Pulau Sebuku lebih tinggi. Kalau penumpang kapal cuma orangnya saja, ya tidak masalah. Tapi kalau kendaraan sudah dipastikan tidak bisa bongkar muat. Bisa sandar tapi tidak bisa mengangkut atau menurunkan kendaraan,” katanya.

Yudhi juga menjelaskan, ASDP Batulicin saat ini hanya sebagai operator saja, sementara untuk dermaganya merupakan bangunan dari dana APBN melalui Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) wilayah XV Kalsel. Setelah nanti selesai dan tidak ada masalah lagi, diserahkan ke daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

“Kalau dari segi operator ya kami dari ASDP siap saja. Kita tetap kembalikan ke BPTD untuk tindakannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPTD Wilayah XV Kalsel, Ardono mengatakan dari hasil ujicoba dermaga dan KMP Bamega Jaya diakui masih perlu perbaikan. Kendaraan tidak bisa lakukan bongkar muat di Pulau Sebuku.

“Tindakan kami dari BPTD, akan melakukan perbaikan. Kami akan lakukan penyesuaian landasan dermaga dengan kapal agar posisi dermaga dengan ramdoor bisa pas. Kami langsung akan bergerak dan sebelum akhir tahun ditargetkan bisa selesai” katanya.

Baca: Jelang Semifinal Liga 1 U-16 Hadapi Persib Bandung U-16, Barito Putera U-16 Fokus Hal ini

Dia mengatakan untuk dermaga Sebuku itu segera ada perbaikan elevasi dan dermaga Teluk Gosong akan ada penambahan pengaman berupa karet untuk mengurangi hentakan kapal ke dermaga.

“Dermaga di Pulau Sebuku ini merupakan dermaga yang dikerjakan secara multiyears dan tahun ini dikerjakan dengan nilai Rp 23 M di tahap akhir yaitu yang ke 6,” katanya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini juga dihadiri KSOP Pulau Sebuku dan Kotabaru serta dihadiri Dinas Perhubungan Kotabaru.

(sumber: banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

loading...