Angkasa Pura 2

Pemerintah Dorong Peran Swasta dalam Penerbangan

Bandara KokpitRabu, 5 Desember 2018
IMG-20181205-WA0030

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah mendorong terus peran swasta dalam industri penerbangam yang semakin pesat berkembang.

“Pada praktiknya, harus diakui bahwa pesatnya pertumbuhan lalu lintas udara akibat pergeseran pola konsumsi masyarakat berujung pada besarnya pula sumber daya yang dibutuhkan dalam pemenuhan ketersedian layanan yang prima dan andal kepada masyarakat,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada pembukaaan Pameran Airport Solution Indonesia di Jakarta Convention Center di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Untuk itu Pemerintah dan sektor swasta agar turut berkreasi dan berinovasi baik dari sisi manajemen maupun operasional.

Pihaknya berusaha mengedepankan skema-skema pendanaan alternatif untuk memenuhi ketersediaan layanan jasa transportasi kepada masyarakat sesuai dengan standar keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menyampaikan bahwa selaku regulator penerbangan, menyambut baik dan mendukung acara Conference dan Pameran Airport Solution Indonesia ini.

“Airport Solutions Indonesia diharapkan mampu memberikan dampak langsung pada pasar penerbangan. Di sini tempat bertemu entitas bisnis penerbangan dan diharapkan bisa terkadi kesepakatan-kesepakatan kerja sama dalam sektor penerbangan khususnya bisnis bandar udara,” tutur Polana.

Polana mencontohkan bahwa menyiasati penyediaan dan peningkatan layanan jasa penerbangan kepada masyarakat, saat Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) ada yang mulai menjadi Badan Layanan Umum (BLU) maupun yang melakukan kerja sama parsial baik dalam bentuk KSO maupun KSP.

“Kami membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi para swasta untuk dapat ikut berpartispasi dalam menyediakan layanan jasa penerbangan bagi masyarakat. Di bawah skema kerja sama Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha, saat ini kami juga sedang melakukan penawaran kepada investor untuk mengembangkan bandara Labuan Bajo. Responnya cukup positif dari para calon investor,” imbuhnya.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, penerbangan menjadi salah satu solusi dalam pengangkutan dan pendistribusian dari satu pulau ke pulau pulau yang lain. Jembatan Udara yang menjadi salah satu prioritas pemerintah. Dengan adanya konektivitas, dapat menekan disparitas harga antar wilayah di Indonesia.

“Kami mengemban amanah untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia. Ini merupakan tantangan bagi untuk selalu meningkatkan pembangunan sektor penerbangan, baik sarana prasarana dan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata dia.

Untuknya, diharapkan peran serta aktif dari masyarakat untuk sama-sama membangun transportasi udara yang selamat, aman dan lancar. (omy)

loading...