Angkasa Pura 2

Kembangkan Destinasi Kuliner, ASDP Beri Pelatihan Pada Warga Sekitar TPI Labuan Bajo NTT

20181208_085454

LABUANBAJO (BeritaTrans.com) – Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya juga memberikan pelatihan wirausaha ke semua warga tempat pelelangan ikan (TPI), di Labuan Bajo, NTT.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno telah meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Ujung, Labuan Bajo, NTT yang telah selesai dibangun oleh PT ASDP.

TPI baru ini semakin modern, aman, nyaman, dan tertib yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat setempat dan juga dapat menjadi destinasi kuliner Labuan Bajo. 

Pada saat malam hari, menurut Ira, kompleks TPI ini akan jadi destinasi wisata kuliner. Oleh karenanya, warga dibsekitra TPI harus dipersiapkan untuk mempunyai sikap, perilaku dan kreatifitas yang baik guna mendukung pengembangan wisata kuliner di sekitar TPI.

“Kami juga memberikan beasiswa kepada anak Nelayan, rehabilitasi kebersihan lingkungan dan pembangunan bak sampah serta terus mengawal kebersihan di lingkunga TPI ini,” kata Ira Puspadewi dalam kunjungan ke Labuan Bajo mendampingi Menteri BUMB Rini Soemarno.

Untuk dermaga TPI, kapasitasnya kini mampu menampung hingga 680 unit kapal-kapal jetty berukuran rata-rata 7 GT.
Sedangkan untuk tempat pelelangan ikan dengan luas lahan 4.768 m2 dan luas bangunan 2.426 m2 akan menyediakan 45 unit kios serta 136 pedagang lapak kering dan basah sebagai lokasi penjualan ikan segar. 

Fasilitas Pendukung

Di lokasi TPI juga disediakan fasilitas parkir untuk 50 unit kendaraan, fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta tiap Minggu akan digelar kegiatan yang menarik bagi pengunjung dan masyarakat seperti festival ikan, kuliner Labuan Bajo, dan aktivitas lainnya.

Nantinya, TPI modern ini akan diserahkan kepada pemerintah kabupaten Manggarai Barat serta lahan dan bangunan TPI Milik Pemkab akan diserahkan kepada ASDP.(helmi)

loading...