Angkasa Pura 2

Gunakan Helm Dengan Baik dan Benar Kurangi 40% Risiko Kematian Dalam Kecelakaan di Jalan Raya

Aksi Polisi KoridorMinggu, 9 Desember 2018
IMG-20181209-WA0001

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Data Korlantas Polri menyebutkan, penyebab kematian nomor dua di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Namun begitu, dengan menggunakan helm dengan benar dapat mengurangi 40% resiko kematian akibat kecelakaan di jalan raya.

Di Indonesia sendiri angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor mencapai 72%. “Kecelakaan lalu lintas mayoritas dialami oleh generasi millenial, kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam acara Sosiaisasi Keselamatan dan Safety Riding di Palembang, Sabtu (8/12/2018).

Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh usia 20-29 tahun sebesar 13.441 orang pada tahun 2017. “Sedangkan peringkat kedua usia 10-19 tahun yaitu 8.906 orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017,” kata Menhub didampingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi itu.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan perlu adanya sosialisasi kepada generasi millenial sehingga mereka tidak melakukan perbuatan yang salah dalam berkendara.

“Ya, millenial ini kan kalau ada kecelakaan lebih dari 70 persen ini millenial. Pengendara motor yah, oleh karenanya mereka perlu tah supaya jangan melakukan perbuatan yang dia tidak sadari kita menyarankan mereka,” tutur Menhub.

Menhub dan Dirjen Lakukan City Riding

Dalam acara tersebut Menteri Perhubungan bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Walikota Palembang Harnojoyo, dan komunitas motor juga melakukan city riding dari Benteng Kuto Besak menuju Guns Cafe dan Resto kota Palembang, Sumatera Selatan.

Terlihat Menhub mengenakan jaket jins ala Presiden Joko Widodo yang bermotif peta Indonesia lengkap dengan sepatu sneakers warna biru dongker membuat tampilan Menhub menjadi lebih sporty.

Selain itu Menhub juga membagikan 30 helm kepada pengendara motor dari 16 komunitas di Guns Cafe dan Resto.(helmi)

loading...