Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Targetkan Ramp Check Pada 20.000 Bus Jelang Nataru 2019

KoridorSenin, 10 Desember 2018
Budi Setiyadi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menargetkan 20.000 unit bus (Antar Kota Antar Provinsi, Antar Kota Dalam Provinsi, dan Pariwisata-AKAP dan AKDP) untuk dilakukan diramp check.

“Kegiatan ramp check dilakukan di 8 Provinsi dan 48 terminal yang dipantau dan difokuskan pada daerah-daerah wisata. Pelaksanaan ramp check jelang Nataru akan dilaksanakan pada sejumlah kota yaitu pada 1-15 Desember 2018,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Jakarta, kemarin.

Sebelumya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan fokus pada pemeriksaan ramp check pada angkutan bus pariwisata di Tanah Air. Selama ini, bus pariwisata sering terlupakan, padahal mereka dioperasikan untuk mengangkut penumpang umum.

Menhub Budi Karya berjanji akan berkoordinasi secara intensif kepada Polri, Dishub, dan para operator.

“Kementerian Perhubungan pasti akan lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan. Oleh karenanya, kami berkoordinasi secara intensif dengan Polri dan Dishub. Hal yang paling penting juga, operator harus sangat berhati-hati demi keselamatan dalam berkendara,” tukas Menhub.

Dalam persiapan Angkutan Nataru, Menhub Budi Karya akan melakukan peninjauan serta berbagai sidak di berbagai lokasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui langsung kesiapan sarana dan prasarana Angkutan Nataru 2018/2019.

Kasubdit Rekayasa Lalulintas, Ditjen Hubdat Avi Mukti Amin mengatakan, pihhaknya melalui BPTD dan Dinas Perhubungan di daerah sudah melalukan ramp check terhadap bus angkutan umum baik AKAP, AKDP seta bus pariwisata.

“Tapi sayang, sampai saat ini belum ada lapiran rinci ke Ditjen Hubdat. Pasalnya, proses ramp check masih berjalan termasuk menyasar ke bus-bus pariwisata di berbagai daerah,” terang Avi.(helmi)

loading...