Angkasa Pura 2

Balitbanghub Diharap Hasilkan Rekomendasi Optimal

LitbangRabu, 12 Desember 2018
IMG-20181212-WA0030

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) diharapkan menghasilkan rekomendasi optimal.

“Ke depan, saya berharap Balitbanghub mampu menjadi lembaga yang memberikan rekomendasi dalam proses perumusan kebijakan dan rekomendasi pemanfaatan hasil pengembangan teknologi di bidang transportasi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Selain itu juga diharapkan Balitbanghub dapat mengoordinasikan pelaksanaan pengkajian kebijakan di Kemenhub, melaksanakan pengkajian untuk menetapkan standar teknis, melaksanakan evaluasi kebijakan di bidang transportasi serta menyediakan data hasil kajian kebijakan.

“Output dan outcome Badan Litbang harus jelas, terukur, dan terarah,” ungkapnya.

Melalui perkembangan Megatrend 2045 dan Revolusi Industri 4.0 serta dengan memerhatikan tantangan ke depan di bidang transportasi, lembaga penelitian dituntut untuk dapat merespon berbagai isu melalui pengkajian dan rekomendasi kebijakan.

“Konektivitas dan interaksi pembangunan dengan dunia digital akan semakin meningkat melalui teknologi informasi dan komunikasi,” lanjut Menhub.

Badan Litbang kata dia, harus mampu menjadi tim think thank Kementerian, sehingga bukan lagi menjadi supporting bodies tapi masuk ke dalam internal business process dalam pengambilan kebijakan.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Syafruddin mengemukakan bahwa ini adalah saatnya memulai langkah-langkah yang lebih baik.

Selama ini kata dia hasil penelitian sendiri-sendiri dan terpisah. Hasil penelitian selanjutnya harus menjadi acuan dan bahkan menjadi regulasi dan mempercepat tujuan.

“Di Kemenhub 80 persen adalah pelayanan dan hasil penelitiannya sangat penting untuk menghasilkan hal yang profesional,” ungkap dia. (omy)

loading...