Angkasa Pura 2

Dirjen Hubdat Minta Pemda Segera Serahkan Terminal Tipe A ke Kementerian Perhubungan

KoridorKamis, 13 Desember 2018
FB_IMG_1544741402198

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan pada tahun 2018 ini telah menyampaikan pada Bupati/ Walikota yang belum menyerahkan Terminal Tipe A di daerahnya. Sampai saat ini ada beberapa Terminal Tipe A yang belum diserahkan kepada kita.

Segera serahkan Terminal Tipe A itu ke Pemerintah Pusat melalui Ditjen Hubdat karena itu amanat UU Pemda. Sampai saat ini, masih ada beberapa Terminal Tipe A yang belum diserahkan.

“Tahun 2019 mendatang, kami (Ditjen Hubdat) akan segera memperbaiki dan meningkatkan semua aspek pelayanan dari terminal,” kata Dirjen Budi dalam jumpa pers akhir tahun 2018 di Kemenhub bersama jajaran eselon I lainnya di Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Menurut dia, pada tahun ini sedang mengadakan pembangunan dan rehabilitasi Terminal Tipe A. “Pada sektor darat kami telah melakukan rehabilitasi sebanyak 65 Terminal Tipe A. Pembangunan itu dilakukan sejak 2015-2018,” kata Dirjen Budi.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga membangun pelabuhan penyeberangan yang kini telah mencapai 21 lokasi serta pelabuhan sungai dan danau sebanyak 13 lokasi.

Siapkan Blue Print Keselamatan

“Sebagaimana yang diharapkan oleh Bapak Menhub di tahun 2019, kami akan menjadikan 7 Provinsi sebagai percontohan untuk perbaikan semua kualitas keselamatan dan pelayanan di dermaga,” tukas Dirjen Budi.

Semua ini, menurut Dirjen Budi, sudah kami berikan dalam bentuk blueprint yang sudah kami siapkan. Menjelang tahun 2019 besok, menurut Dirjen Budi, Ditjen Hubdat akan memperbaiki beberapa dermaga yang sudah kami tunjuk.

Dia menambahkan, beberapa dermaga percontohan tersebut antara lain; Sungai Musi, Kalimantan Utara, dan Selayar.

Pembangunan pelabuhan sungai lain yang turut menjadi prioritas untuk diselesaikan pembangunannya adalah Pelabuhan Agats, Pemkab Asmat, Papua. Proyek itu dibangun dengan dana multiyears.

“Selain itu, ada beberapa pelabuhan sungai di Papua dan daerah lain di Indonesia juga akan dibangun, untuk mendukung kelancaran program Tol Laut. Distribusi barang khususnya sembako ke daerah pedalaman makin lancar,” tandas Dirjen Budi.(helmi)

loading...