Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Gelar Diklat Penyelam Bidang Salvage

Dermaga SDMKamis, 13 Desember 2018
IMG-20181213-WA0047

IMG-20181213-WA0049

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kegiatan salvage dan/atau pekerjaan bawah air merupakan salah satu aspek dalam penyelenggaran pelayaran yang aman dan selamat.

Oleh karena itu, memiliki kecakapan khusus merupakan kualifikasi dasar yang harus dimiliki oleh petugas yang terlibat dalam penjagaan keselamatan dan keamanan pelayaran, khususnya para personel Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Direktur KPLP Junaidi menyampaikan bahwa diklat diselenggarakan selama 10 hari sejak 3 Desember 2018 diikuti 33 peserta yang berasal dari KSOP Kelas I Banjarmasin, KSOP Kelas I Balikpapan, KSOP Kelas I Banten, KSOP Kelas I Bitung, Disnav Kelas Palembang, KSOP Kelas III Teluk Bayur, KSOP Kelas IV Kalianget, UPP Kelas III Luwuk.

Selain itu juga UPP Kelas III Pulau Tello, UPP Kelas III Jailolo, UPP Kelas III Weda, UPP Kelas III Enggano, UPP Kelas III Buleleng, UPP Kelas III Malili, KSOP Kelas IV Manokwari, KSOP Tanjung Balai Asahan, KSOP Gorontalo, KSOP Kelas III Pulau Baai, KSOP Kelas V Fakfak, UPP Kelas III Tarempa, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Pangkalan PLP Bitung, Pangkalan PLP Tanjung Perak dan Pangkalan PLP Kelas II Tual.

“Pada diklat ini, kami mengundang tenaga pengajar dari Instruktur Selam Trimedia Diving Club yang akan didampingi oleh Tenaga Penyelam KPLP,” jelas Junaidi di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Materi utama terdiri dari Pemantapan Teori di ruang Kelas selama empat hari, Evaluasi satu hari dan Praktek Kolam tiga hari dan Praktel di Laut selama tiga hari.

Kegiatan ini merupakan upaya Ditjen Hubla meningkatkan kemampuan personel pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan yang masih bersifat dasar.

Penyelaman merupakan kegiatan dasar untuk dapat mengembangkan keterampilan teknis lebih lanjut dalam pelaksanaan kegiatan Salvage dan/atau Pekerjaan Bawah Air, antara lain keterampilan teknis Hidrografi, Underwater Survey, Cutting dan Welding Underwater, Bouyancy/Refloating, Dismantling, inspection, Maintenace, Repair, dan sebagainya.

“Saya berharap kemampuan yang didapatkan dari diklat ini dapat terus dikembangkan sebagai bekal dalam menjalankan tugas pengawasan, khususnya dibidang salvage dan pekerjaan bawah air,” tutup Junaidi. (omy)

loading...