Angkasa Pura 2

Forum Puskodalnas Tumpahan Minyak, Optimalkan Kesiagaan

Dermaga SDMKamis, 13 Desember 2018
IMG-20181213-WA0000

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bersama-sama menjaga habitat laut dan sungai serta mencegahnya tercemar, menjaganya menjadi sebuah keniscayaan. Guna optimalkan kesiagaan penanganan penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut tingkatan tier 3, digelarlah Forum Pusat Komando dan Pengendali Nasional (Puskodalnas).

Forum Puskodalnas untuk bertukar informasi dari seluruh anggota Puskodalnas untuk mendukung terselenggarannya sistem koordinasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak secara optimal dan membahas segala permasalahan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Junaidi mengatakan bahwa kegiatan di perairan baik laut maupun sungai yang meliputi kegiatan pelayaran, pengusahaan minyak dan gas bumi, serta kegiatan lainnya tak bisa dipungkiri mengandung risiko kecelakaan yang mengakibatkan terjadinya tumpahan minyak dan mencemarkan dan merusak lingkungan laut atau sungai.

“Kondisi ini menuntut adanya sistem tindakan penanggulangan yang cepat, tepat, dan terkoordinasi,” jelas Junaidi di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Kebijakan dan mekanisme kesiagaan dalam penanggulangan pencemaran saat ini diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lingkungan Maritim yang salah satunya mengatur kewajiban pelabuhan dan unit kegiatan lain di perairan untuk memenuhi persyaratan penanggulangan pencemaran yang meliputi prosedur, personel, peralatan dan bahan, serta latihan penanggulangan pencemaran.

Sedangkan operasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut dimana Menteri Perhubungan selaku Ketua Tim Nasional dan Dirjen Perhubungan Laut selaku Kepala Puskodalnas Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut.

“Berdasarkan Perpres 109 Tahun 2006 disebutkan bahwa untuk keterpaduan penyelenggaraan penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di Laut tingkatan Tier 3, dibentuk Tim Nasional penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di Laut,” ungkapnya.

Sedangkan untuk membantu terlaksananya penyelenggaraan penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut tingkatan tier 3 tim nasional perlu membentuk dan membina Puskodalnas.

Pada kegiatan Forum Puskodalnas kali ini, akan menghadirkan nara sumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan. (omy)

loading...