Angkasa Pura 2

Tingkatkan Keselamatan Jalan, Dirjen Budi: 80% Bus Selesai Ramp Check

KoridorKamis, 13 Desember 2018
IMG-20181204-WA0053

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, saat ini sudah sekitar 17.000 lebih kendaraan bus AKAP/ AKDP dan bus pariwisata yang selesai dilakukan ramp check.

“Target awal, kami akan menyelaikan ramp check untuk 20.000 unit bus menjelang Nataru. Saat ini, progresnya sudah sekitar 80% tercapai,” kata Dirjen Budi menjawab BeritaTrans.com, kemarin.

Sesuai arahan Menteri Perhubungan, jelas dia, Ditjen Hubdat komit turun lapangan memlakukan ramp check. Aspek keselamatan harus dipastikan makin dan meyakinkan. “Keselamatan menjadi prioritas dibandingkan yang lainnya,” papar Dirjen Budi.

Namun begitu, jelas dia, proses ramp check tetap dilakukan oleh aparat di daerah bekerja sama dengan Polri, Dishub serta BPTD di seluruh Indonesia.

“Namun, aparat dari pusat (Ditjen Hubdat) tetap memantau dan melakukan ramp check secara acak di lapangan,” sebut Ditjen Budi.

Dicek Sebelum Jalan

Menurut Dirjen Budi, nanti pertigas di terminal akan kembali melakukan pengecekan bus sebelum berangkat mengangkut penumpang mudik Nataru.

“Saat akan mengangkut penumpang jelang Nataru nanti, bus harus dipastikan laik jalan,” papar Dirjen Budi.

Dia menambahkan, Pemerintah khususnya Ditjen Hubdat komit memberikan pelayanan transportasi yang baik, aman, nyaman dan selamat.

“Keselamatan harus menjadi nomor satu dibandingkan lainnya,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

loading...