Angkasa Pura 2

Itjen Gandeng Balitbanghub Teliti Proyek Pembangunan

Dermaga itjen LitbangJumat, 14 Desember 2018
2018-12-14 13.57.26

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mulai tahun 2019, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) untuk meneliti dan mensupervisi proyek pembangunan.

Menurut Irjen Wahju Satrio Utomo, pelibatan Balitbanghub Kemenhub itu bertujuan agar lebih tajam lagi dan komperhensif dalam pengawasan dan penelitian proyek, terutama yang berkategori bermasalah.

“Kami libatkan Balitbanghub karena mereka yang memahami secara teori dan teknis terhadap proyek. Balitbanghub akan terjun bersama kami on the spot, melihat langsung proyek, menganalisis secara cepat dan tepat, lalu memberikan solusi,” ungkap pejabat yang akrab dengan panggilan ‘Pak Tommy’ itu kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, kemarin.

Pak Tommy memberikan contoh tentang proyek pembangunan pelabuhan dan dermaga. Dalam pengawasan atau supervisi, tim Itjen lebih kuat dalam aspek kompetensi audit secara dokumen dan penelitian di lapangan.

Sedangkan Balitbanghub dapat meneliti secara teori dan teknis terhadap proyek itu termasuk terhadap feasibilty study, Detail Engineering Design dan sebagainya.

Dua jalan penelitian itu lalu dianalisis lalu disimpulkan dan diberikan solusi secara komperhensif. “Hasil penelitian disampaikan kepada Bapak Menteri Perhubungan, lalu dibahas dengan Pak Dirjen atau Kepala BPSDM untuk segera disusun langkah segera sehingga proyek dapat berjalan sebagaimana mestinya, ujarnya.

Ketika pengerjaan kelanjutan proyek berdasarkan rekomendasi itu, Itjen mengaskan tetap digelar pengawalan. “Tetap dikawal. Tidak dilepas begitu saja. Kalau ada sesuatu persoalan, kami supervisi lagi. Terus begitu hingga pekerjaan proyek selesai dan diserahkan,” tegasnya. (awe).

loading...