Angkasa Pura 2

Kompak, Dishub, Polres dan BNNK Pemkab Ciamis Ramp Check Bus dan SDM Angkutan Umum

Aksi Polisi Koridor SDMMinggu, 16 Desember 2018
IMG-20181216-WA0012

IMG-20181216-WA0014

CIAMIS (BeritaTras.com) – Dishub Pemkab Ciamis bersama Polres Ciamis dan BNNK Ciamis serentak melakukan ramp check kesiapan armada dan sumber daya manusia (SDM) angkutan umum menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018-2019.

“Kemarin telah dilakukan pemeriksaan (ramp check) secara sampel di dua garasi bus, yaitu di Pool Gapuraning Rahayu untuk bus reguler, dan pool bus Sumber Jaya untuk bus pariwisata,” kata Sekdishub Ciamis Edy Yulianto, ATD menjawab BeritaTrans.com, Minggu (16/12/2018).

Dikatakan, sejauh ini hasil pemeriksaan di Ciamis tak ada temuan major. Proses ramp chek pada armada angkutan umum berjakan baik dan rekomendasi langsung diberikan jika ada temuan di lapangan.

Pemeriksaan kelaikan armada anglkntan umum bus AKAP/ AKDP juga dilakukan di Terminal Bus Kota Ciamis, Jawa Barat. “Ramp check itu untuk memastikan semua bus yang akan dioperasikan untuk menagngkut pemudik laik jalan dan siap operasi,” papar Edy.

Menrut alumni STTD Bekasi itu, usai ramp check terhadap bus yang kurang layak diminta untuk diperbaiki sebelum dioperasikan pada masa libur Nataru 2019.

IMG-20181216-WA0015

Tes Narkoba olen BNNK Ciamis

Pada waktu yang bersamaan, menurut Edy Yulianto, tim dari BNNK Ciamis juga melakukan tes urine untuk mengetahui mereka menggunakan narkoba atau miras kepada SDM operator khususnya pengemudi bus AKAP/ AKDP di Terminal Ciamis.

“Pemeriksaan kendaraan dan bersamaan juga diperiksa urine oleh BNNK Pemkab Ciamis dan Sat.Narkoba Polres Ciamis,” sebut Edy lagi.

Edy menambahkan, pihaknya komit memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat pemudik Nataru nanti.

“Selain pemeriksaan kendaraan, juga dilakukan pemeriksaan pada crew kendaraan melalui tes urine tim oleh BNNK Kab Ciamis dan Sat.Narkoba Polrea Ciamis untuk memastikan mereka bebas narkoba dan miras,” terang Edy.

Namun begitu, pejabat Dishub Ciamis itu tak bisa menyebutkan hasi tes urine awak angkutan umum disana. Namun uji nakkoba oleh BNNK berjalan lancar.

“Kalau hasil tes urine menjadi kewenangan Polri dan BNNK. Demikian juga tindakan hukumnya, sepenuhnya menjadi kewenangan Polri,” tegas Edy Yulianto.(helmi)