Angkasa Pura 2

Bulan Pertama Pengopersian Jalan Tol Trans Jawa Harus Fokus Pada Keselamatan

Koridor SDMJumat, 21 Desember 2018
Djoko Setijowarno1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Yang harus dihindari pada bulan pertama pengoperasian Tol Trans Jawa adalah keselamatan selama perjalanan di Tol Trans Jawa. Himbauan utama bagi pengemudi untuk beristirahat dapat dilakukan.

“Dengan beroperasinya Tol Trans Jawa memang akan mengurangi pendapatan beberapa restoran dan SPBU, misalnya yang berada di jalan arteri nasional Kendal-Batang. Restoran di ruas ini menjadi tempat persinggahan BUS AKAP dari Jatim dan Jateng menuju Jakarta dan sekitarnya,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang, Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (21/12/2018)

Menurutnya, dampak negataif pembangunan jalan tol, termasuk Trans Jawa, antara lain masyarakat juga yang berprofesi buruh tani, kehilangan pekerjaan. “Mereka perlu diinventarisasi dan dicarikan pekerjaan baru,” kata Djoko lagi.

Pemda, lanjut dia, harus membantu (masyarakat) itu, jangan membiarkannya demgan alasan ini proyek pusat, urusan pusat. “Benar juga, tapi pemdalah yang memberikan data dan masalah itu,” jelas Djoko.

Belajar dari kasus jalan tol di sekitar Jabodetabek (Tol Jakarta Cikampek, Tol Jagorawi, Tol Jakarta Merak) yang sudah tidak mengenal lagi mana jalan arteri nasional.

“Tol adalah alternatif, sehingga keberadaan jalan arteri nasional harus tetap dipertahankan. Dengan cara tetap dianggarkan pemeliharasn rutin dari APBN,” papar Djoko.

Anisipasi Dampak Negatif Jalan Tol

Lahan pertanian di sepanjang jalan tol sedapat mungkin dipertahan. Membuat Perpres Mempertahankan Lahan Produktif Sepanjang Tol Trans Jawa adalah suatu hal yang bijak dari pemerintah. “Tapi, lahan untuk pangan bukan untuk jalan dan industri,” saran Djoko.

Tol Trans Jawa bisa memberi manfaat juga dapat memberi kerugian jika tidak dikelola secara profesional. Sedapat mungkin, potensi usaha yang ada dikembangkan, dengan mengakomodasikan warga sekitar terutama yang terdampak pembangunan jaan tol.

“Tugas kita bersama, terutama Pemerintah bagaimana bisa mengeliminer dampak negatif dari embangunan jalan Tol Trans Jawa ini Dan tugas itu harus dilakukans ejak sekarang,” tegas Djoko(helmi)

loading...