Angkasa Pura 2

Tol Trans Jawa Diresmikan, Menhub Budi Karya Harap Akses Ke Jateng dan Jatim Lancar

Ekonomi & Bisnis KoridorJumat, 21 Desember 2018
FB_IMG_1545303530801

BATANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kemacetan yang kerap terjadi pada jalur Pantura dapat menjadi lancar, pasca diresmikannya Tol Trans Jawa oleh Presiden Joko Widodo di Batang, Jawa Tengah, pada Kamis (20/12/2018).

Selain itu, lanjutnya, kini masyarakat mempunyai pilihan akses jalan menuju dari atau ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Saat mudik menjlang perayaan Natal dan Tahun Bary (Nataru) 2018/2019 besok bisa memilih ruas jalan mana yang terbaik dan tidak maceet menuju kampung halaman.

“Selama ini akses jalan ke Jateng dan Jatim hanya menggunakan jalan nasional yang sering terjadi kemacetan. Nah dengan adanya jalan tol ini pasti kemacetan akan turun drastis dan harapannya lalu lintas menjadi lancar,” ujar Menhub Budi usai menghadiri acara Peresmian Tol Trans Jawa di Jembatan Kalikuto, Batang.

Tumbuhkan Industri di Daerah

Menhub mengatakan dengan adanya jalan tol ini diharapkan dapat menumbuhkan industri-industri di berbagai daerah.

“Sebagai contoh industri tidak mesti di Semarang, Surabaya dan Jakarta saja, tetapi beberapa titik-titik bisa ada industri terutama industri yang berbasis pada lokal sehingga ekonomi terpencar pada daerah tertentu,” papar Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menambahkan fungsi lahan pada daerah yang dilalui jalan tol tersebut tidak berubah.

“Dengan adanya jalan tol ini tidak membuat land use (penggunaan lahan) di daerah tersebut berubah karena yang berubah hanya di titik-titik persimpangan, yg lain tetap jadi sawah, tetap dengan fungsi-fungsinya,” tandas Menhub.(helmi)

loading...