Angkasa Pura 2

Truk-Truk Langgar Batas Muatan Berkeliaran dengan Nyaman di Tol Cikampek

KoridorJumat, 21 Desember 2018
2018-12-21 05.50.13

KARAWANG (BeritaTrans.com) – Usaha mulia Kementerian Perhubungan menekan bahkan menghentikan beroperasinya truk pelanggar batas muatan tampaknya membutuhkan penguatan penindakan tegas (law enforcement) di jalan tol.

Truk overdimension dan overload (ODOL) berkeliaran di jalan bebas hambatan, termasuk Tol Cikampek. Patut dipertanyakan sejauh mana operator jalan tol mencegah truk pelanggar itu untuk masuk jalan tol.

2018-12-21 06.37.57

2018-12-21 06.38.27

BeritaTrans.com dan Aksi.id, Jumat (21/12/2018) pagi, melihat begitu banyak truk pelanggar melintas ke arah Cikampek dan Jakarta. Pelanggaran itu juga terjadi di Tol Cipali dan Palikanci.

Truk-truk itu beroperasi dengan ‘nyaman dan sentosa’ karena tidak ada penindakan. Mereka melaju di di lajur satu dan dua, bahkan kadang melewati lajur cepat. Di antaranya bahkan berani dengan cepat walau mengangkut muatan melebih batas.

2018-12-21 05.50.47

Beroperasinya truk-truk itu selain menambah berat volume kendaraan di jalan tol, juga membuat parah kemacetan arus lalu lintas. Belum berpotensi mempercepat kerusakan jalan.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar truk dengan kelebihan muatan dan dimensi (ODOL) tidak melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dia mengemukakan truk berbadan besar itu membuat laju kendaraan lain yang melintas di ruas tol jadi lebih lambat ketimbang seharusnya.

“Kami akan berkoordinasi dengan kepolisian, karena kalau truk ODOL masuk maka bisa mengakibatkan kecepatan di jalan tol turun. Sehingga kendaraan lain tidak bisa berkecepatan sesuai standar,” kata Budi Karya di Grand Dhika City, Bekasi pada Selasa (20/11/2018).

Budi berharap agar jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat berfungsi lagi sebagai jalan bebas hambatan. Ia menilai keberadaan truk ODOL di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengakibatkan fungsi tol itu sebagai jalan bebas hambatan tidak terpenuhi. Dia pun menilai kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat ini sudah merisaukan.

Oleh karena itu, Budi berharap adanya sosialisasi yang tepat, baik dari pemerintah, kepolisian, maupun Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Tanpa ada sosialisasi yang tepat, Budi menilai dampak yang muncul bisa fatal. Ia pun lantas bertekad untuk mengadakan penegakan hukum sehingga kondisi jalanan pada ruas tol Jakarta-Cikampek bisa lebih baik. (awe).

loading...