Angkasa Pura 2

Selepas Tol Japek, Arus Mudik Lancar Meski Belum Mencapai Kecepatan 100 Km/ Jam

Koridor SDMSabtu, 22 Desember 2018
Darmaningtyas MTI

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perjalanan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019 sampai Sabtu (22/12/2018) siang ternyata masih berkutat di seputar kemacetan di tol Jakarta-Cikampek (Japek).

“Dibutuhkan waktu 4 jam lebih untuk melewati rest area KM 57 Tol Japek,” kata Direktur Instran Darmaningtyas menjawab BeritaTrans.com, Sabtu sore.

Tyas, sapaan akrab dia ikut menyertai perjalanan mudik gratis Nataru 2019 Kemenhub-Jasa Raharja menuju Solo, Jawa Tengah.

Dikatakan, selepas rest area KM 57 tol Japek, perjalanan makin lancar. “Arus lalin di tol Cipali arah Jateng lancar, tapi tidak bisa 100 km/jam krn kendaraan cukup rapat,” papar Tyas.

Sekedar up date saja, sbeut tyas, posisi am 16.20 perjalanan mudik gatis Nataru sudah melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon.

“Perjalanan kendaraan di tol TRans Jawa makin lancar. Sore ini bus sudah melewati Pemalang mau masuk Pekalongan,” Jawa Tengah.

Sebelumnya, arus lalu inas mulai dari perbatasan Jakarta Timur-Bekasi di tol Japek sudah macet.

“Jam 11.55 baru masuk rest area KM 57 + 500. Berarti 3 jam 40 menit untuk sampai ke rest area KM 57 + 500) sebelum Cikampek,” terang Tyas.

Dan pada jam 12.53, tambah Tyas, perjalanan baru keluar dari rest area km 57 dan ini baru lepas Cikampek masuk tol Cipali.

“Dan ternyata, rangkaian kepadatan arus mudik Nataru masih dari perbatasan Jakarta-Bekasi sampai selepas rest area KM 57,” terang Tyas.

Akademisi dan pamong di Perguruan Taman Siswa itu berhara, semoga kasus kepadatan di tol Japek bisa segera diatasi dan perjalanan mudik dan balik Nataru nanti tidak terulang.

“Paling tidak, para pengambil kebijakan bisa mengambil pelajaran dari arus mudik ini. Meski proyek fisik di tol Japek dihentikan, tapi kepadatan lalin masih terjadi,” tegas Tyas.(helmi)