Angkasa Pura 2

Sidak di JT Ajibarang, Dirjen Budi: 15 Truk Langgar ODOL Disuruh Balik Arah

Aksi Polisi KoridorSabtu, 22 Desember 2018
IMG-20181222-WA0068

IMG-20181222-WA0067

BANYUMAS (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan barang yang Over Dimensi dan Over Loading (ODOL). Pemeriksaan tersebut dilakukan di Jembatan Timbang (JT)/ Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Ajibarang, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat- Sabtu 21-22 Desember.

Dari hasil kegiatan tersebut ada beberapa penindakan yang dilakukan terhadap angkutan barang yang melanggar batas dimensi dan berat muatan. “Dari laporan petugas di lapangan, dari kemarin (Jumat 21/12/2018). Dilaporkan, total ada 151 kendaraan yang ditimbang di Ajibarang, paling banyak karena kelebihan muatan sebesar 50-100% yaitu sebanyak 21 kendaraan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi pada Sabtu (22/12/2018).

“Sementara untuk penindakannya kami minta kendaraannya balik arah. Kendaraan yang balik arah ini mulai dari Jumat pagi sampai Sabtu pagi ini ada sebanyak 15 kendaraan,” tambah Dirjen Budi.

Dari hasil pantauan di lokasi, kondisi sementara hingga Sabtu siang, arus lalu lintas kedua arah baik dari Selatan (Purwokerto) dan arah Utara (Bumiayu) masih terpantau ramai lancar.

Kendaraan Sumbu 3 Masih di FO Kretek

Selain itu dari data yang diperoleh dari petugas satuan pelayanan (satpel) UPPKB Ajibarang per Sabtu (22/12/2018) siang tadi diketahui bahwa terdapat 4 kendaraan dengan lebih dari 3 sumbu roda yang dilarang melintas ke arah Flyover (FO) Kretek dan diminta untuk putar balik ke arah Purwokerto.

“Meskipun cuaca cerah cenderung berawan namun tidak ada kecelakaan yang menonjol. Siang tadi juga tim kami masih melakukan penindakan di Ajibarang. Hari ini ada 4 truk yang ketahuan melebihi batas muatan (over load),” sebut dia.

Jadi tim di lapangan melarang kendaraan tersebut melintasi FO Kretek dan diarahkan kembali ke Purwokerto.

“Selain penindakan dengan kendaraan yang diminta putar balik, petugas satpel UPPKB Ajibarang yang bekerjasama dengan tim Direktorat Pembinaan Keselamatan sebanyak 19 unit kendaraan dengan muatan berlebih juga dikenakan tilang,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

loading...