Angkasa Pura 2

Sebarluaskan Hasil Penelitian, Balitbanghub Harap Dapat Diimplementasikan

Dermaga LitbangJumat, 28 Desember 2018
IMG-20181228-WA0122

IMG-20181228-WA0114

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebarluaskan hasil penelitian kepada pemangku kepentingan dan masyarakat, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) hari ini (28/12/2018) menyerahkan hasil dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut, Sungai, Danau, Penyeberangan.

“Desiminasi (penyebarluasan) ini dilakukan agar nyata kemanfaatannya dan dapat diimplementasikan,” tutue Pelaksana Harian Kepala Litbanghub Kepala Puslitbang Multimoda Imran Rasyid di Jakarta.

Pelaksanaan Diseminasi Serah Terima Hasil Penelitian Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan dilakukan kata dia untuk tertib administrasi dari Barang Milik Negara (BMN) yang harus dipertanggungjawabkan.

Hal itu karena penelitian yang dilakukan menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sehingga harus jelas peruntukannya.

Pada tahun ini ditambahkan Kapualitbang Laut Sahatua Marpaung, pihaknya telah melakukan sebanyak 35 penelitian secara indiviual.

“Diharapkan ini dapat menjadi bahan yang selanjutkan dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan teknologi terkini,” ungkap Sahatua.

Stakeholder yang memeroleh haail penelitian tersebut diantaranya Direktur Utama PT. Pelindo III Surabaya, Asisten Manajer Pemanduan PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak, PT. IKI Makassar, Kepala Operasi Pelni Cabang Balikpapan, serta DPP Pelayaran Rakyat.

Beberapa hasil penelitian Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan TA 2018 yang cukup strategis diantaranya adalah Studi Pengembangan Trayek Tol Laut Tahun 2019, Studi Penerapan Motorized Container Barge (Self-propelled Barge) Jakarta – Surabaya Dalam Mengurangi Beban Lalu Lintas Jalan Di Pantai Utara Pulau Jawa, dan Studi Penyusunan Grand Desain Transportasi Danau di Kawasan Wisata Danau Toba. Sumatera Utara Dalam Rangka Mendukung Pariwisata. (omy)

loading...