Angkasa Pura 2

Kepada Cadet BP2IP Barombong di KMP Dharma Kencana, Ini Pesan KSOP Semarang Ahmad Wahid

SDMSabtu, 29 Desember 2018
IMG-20181229-WA0009

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Perusahaan pelayaran nasional sesuai UU harus menerima cadet calon pelaut untuk melakukan praktik laut (Prala) di kapal-kapal yang dioperasikannya. Salah satunya, PT Dharma Lauttan Utama (DLU).

Operator kapal ro-ro ternama di Tanaha Ait iu menerima cadet, yaitu salah satunya di KMP Dharma Kencana. Kapal ini melayani trayek Semarang-Pontianak, Kalimanan Barat PP dan Semarang-Kumai (Kalimantan Tengah) PP.

Sebut sana Andi, salah satu taruna BP2IP Barombbong yang ditermui BeritaTrans.com di anjungan KMP Dharma Kencana saat sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin.

Dia mengatakan, dia sudah menjalani prla seama empat bulan terakhir di kapal ilik DLU itu. Nanti, prala hsrus dijalani selama setahun di atas kapal.

Bayak suka-duka dialami selama berlayar di KMP Dharma Kencana tersebut. Yang pasti, kita sebagai cadet bisa belajar sekaligus mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus BP2IP Barombong, Makassar Sulawesi Selatan.

Andi bertekad akan terus belajar dan menggali pengalaman seama berlayar di KMP Dharma Kencana. “Banyak tugas diberika, tapi juga dibimbing oleh perwira di atas kapal ini,” aku putra Sulsel itu.

DLU Terima Cadet BP2IP Barombong

Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang Ahmad Wahid, ST, MT saat melakukan peninjauan kesiapan KMP Dharma Kencana sangat mengapresiasi PT DLU dan crew KMP Dharma Kencana yang telah menerima cadet-cadet termasuk

Sebagai pelaut senior dan juga mantan Kepala BP2IP Barombong, Wahid berharap seluruh cadet bisa memanfaatkan kesempatan prala untuk belajar dan menyerapkan seluruh ilmu dan pengalaman selama berlayar sebagai cadet di atas kapal.

“Pengalaman selama prala ini akan sangat berguna jika nanti sudah berlayar sebagai perwira di atas kapal. Sebagai calon perwira, cadet harus belajar termasuk bagaimana mengatasi dan menyelesaikan masalah selama berlayar di tengah laut nanti,” tegas Wahid.(helmi)