Angkasa Pura 2

LRT Cawang-Cibubur Diuji Coba April 2019

EmplasemenSelasa, 1 Januari 2019
LRT2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemeb PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) memastikan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek terus berjalan meski dilakukan pada malam hari. Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 50 persen.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, pengerjaan proyek LRT ini di bagian Cawang-Cibubur akan selesai pada Januari mendatang. Oleh karenanya, ditargetkan pada Maret atau April mendatang sudah bisa diuji coba di ruas ini.

“Kemudian rel-relnya sudah dipasang dan sebagainya. Jadi nanti Maret atau April sudah bisa coba kereta antara Cawang sampai Cibubur bolak-balik,” ujarnya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Dia melanjutkan, kendala terbesar yang masih mengganggu seperti sengketa lahan milik Pramuka yang akan digunakan untuk proyek ini akan selesai. Pasalnya, pihaknya sudah mendapatkan dukungan Ketua Kwartir Nasional yang baru yaitu, Budi Waseso.

Untuk sementara pengerjaan proyek akan berhenti selama Natal dan Tahun baru. “Ketua (Kwarnas) baru dilantik kemarin, nanti kita akan minta bimbingan dari beliau. Tidak ada, sekarang berhenti karena Natalan Tahun Baru saja,” ucapnya.

Sebelumnya, pihaknya memastikan pembangunan proyek light rapid transit(LRT) Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) tetap berjalan sesuai rencana. Dengan begitu, proyek tersebut tak jadi ditunda, setelah mencuat kabar proyek LRT akan diberhentikan sementara karena kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Keuangan PT Adhi Karya Entus Asnawi mengatakan, pembangunan tidak ditunda, namun jam kerjanya yang akan dievaluasi oleh pemerintah. Pembahasan ini sudah dilakukan dengan perusahaan.

“Sudah dibahas dan sudah diklarifikasi. Tidak dihentikan, tapi ada waktu pengerjaan yang diatur,” ujarnya di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut dia, di kilometer 17 ruas tol Jakarta-Cikampek memang pengerjaan proyek dilakukan besar-besaran. Selain LRT, di sana juga ada pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung.

“Relatif sudah tidak mengganggu jalan. Waktu pengerjaan kita mulai jam 22.00 WIB hingga 05.00 WIB,” katanya.

Bila tidak ada aral melintang, pembangunan proyek LRT di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) fase I akan rampung pada 2019.

Sampai 16 November 2018, progres pembangunan LRT Jabodebek Fase I telah mencapai 49,1 persen dengan rincian ruas Cawang-Cibubur sebesar 71,3 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 37,2 persen dan Cawang-Bekasi Timur mencapai 41,8 persen.

Sesuai penugasan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 beserta perubahannya, Adhi telah melaksanakan pembangunan prasarana LRT Jabodebek I sejak September 2015 dengan nilai pekerjaan sebesar Rp22,8 triliun.

Penugasan pembangunan tersebut meliputi Lintas Pelayanan 1 ruas Cawang-Cibubur, Lintas Pelayanan 2 yaitu Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Lintas Pelayanan 3 yakni Cawang-Bekasi Timur.

(ray).

loading...