Angkasa Pura 2

Ribuan Korban Tsunami Lampung Selatan Masih Hidup di Pengungsian

Another News SDMSenin, 7 Januari 2019
IMG-20190107-WA0003

IMG-20190106-WA0021

KALIANDA (BeritaTrans.com) – Korban bencana tsunami Kalianda Lampung Selatan yang masih tinggal di pengungsian mencapai ribuan orang. Meski diakui, ada 203 orang warga pulau Sebuku dan pulau Sebesi yang minta diantar pulang ke pulau.

Mereka (pengungsi) Kec. Kalianda dan Kec. Rajabasa dan sekitarnya ditampung di Stadion Tennis Indoor, Kalianda dan salah satu SD di Kalianda, Lampung Selatan.

Sementara, bantuan kemanusiaan dari berbagai daerah di Indonesia, dipusatkan di Kantor Bupai Lampung Selatan, di Kalianda.

Pantauan BeritaTrans.com di lapangan, bantuan kemanusiaan masih terus berdatangan ke Posko BNPB di Kantor Bupati Lampung Selatan.

Berbagai elemen masyarakat terus memberikan bantuan, baik dari Pemda, PMI, BPBD, Pemdah termasuk DPD dan DPP IKAALL (Ikatan Aluni AHli Lalu Lintas) – STTD Bekasi.

IKAAL STTD memberikan aneka bantuan teritama terkait berbagai kebutuhan riil masyarakat di pengungsian, seperti pakaian dalam, kaos oblong, sarung, serta paket kompor gas, telur serta air minuman dalam kemasan.

Ribuan Pengungsi

“Jumlah pengungsi masih banyak, mencapai ribuan orang. Mereka berasal dari berbagai deasa yang terdampak stunami, terutama di Kecamatan Kalianda, Kec. Rajabasa dan daerah lain di Kab. Lampung Selatan,” kata Kadishu Lampung Selatan Anas Nasrullah kepada BeritaTrans.com usai menerima bantuan dari IKAALL STTD, Minggu (6/1/2019) kemarin.

Menurutnya, para pengungsi masih membutuhkan bantuan, terutama terkait bahan kebutuhan pokok (sembako) serta kebutuhan praktis untuk hidup di pengungsian. “Syukur alhamdulillah, bantuan kemanusiaan terus mengalir ke Posko BNPB di Lampung Selatan ini,” kata Anas.

Namun begitu, jelas Anas, meski kondisi belum menentu, ternyata ada ratusan warga pulau Sebuku, dan pulau Sebesi yang minta diulangkan ke rumahnya.

“Sebanyak 203 orang pengungsi kemarin diantar pulang ke pulau Sebuku dan pulau Sebesi, Lampung Selatan. Kita tak bisa menehan mereka untuk pulang. Tim BNPB dan BPBD Lampung Selatan tetap memfasilitasi mereka untuk pulang ke pulau,” terang Anas.

Bantuan Terus Mengalir

Seperti diketahui, kata dia, hari ini (Minggu, kemarin) bantuan datang dari Pemkab Magelang dan BNPB Pemprov Jawa Tengah dan organiasi kemanusiaan lain, seperi PMI, BPBD/ Pemkab.

“Mereka memberikan seperti sembako (beras, minyak goreng), makanan siap saji dan lainnya,” sebut Anas.

Selanjutnya, DPP-DPD IKAALL-STTD juga membantu korban tusnami di Lampung Selatan. Dan sebelumnya, paket bantuan juga datang dari Pemkab Agam, Sumatera Barat.

“Kami sangat berterima kasih atas semua bantuan ini. Selanjutnya akan kami salurkan ke masyarakat yang membutuhkan, khususnya mereka yang tinggal di pengungsian,” tegas Anas, mewakili Posko BPBD Lampung Selatan.(helmi)

loading...